Thursday, 14 May 2015

Failing Forward

Sahabat pembaca tentu kita semua pernah merasakan kegagalan, tapi kita perlu berterima kasih pada kegagalan karena justru kalau kita perhatikan banyak orang sering kali gagal ini justru menjadikan munculnya ide-ide dan kreatifitas baru, saya banyak membaca ada banyak inovasi dan penemuan justru buah dari ribuan kegagalan dulunya.

Kalau ada dari pembaca yang pernah mendengar cerita tentang gagalnya "New Coke". Saat New Coke diperkenalkan di Kanada reaksinya cukup positif. Karena itu saat diluncurkan secara resmi di Amerika Serikat 23 April 1985, ada nada optimisme dari perusahaan itu akan sukses. Namun ternyata hasilnya di luar dugaan. Pasar AS tak menyukai New Coke dan bahkan mereka minta Coca Coca Company mengembalikan Coca Cola lama.

Akibatnya, Coca Cola menarik kembali New Coke hanya dalam waktu kurang dari tiga bulan sejak diperkenalkan. Perusahaan ini mengembalikan Coca Cola lama dengan nama Coca Cola Classic. Akibat kegagalan itu, Coca Cola disebut-sebut mengalami kerugian sebesar US$100 juta.


Saya berharap kisah-kisah seperti diatas menginspirasi pembaca bahwa sekalipun Anda baru menyelesaikan kesalahan besar sekalipun kehilangan ratusan dolar tapi Anda harus bangkit kembali dan belajar dari kegagalan.

Kegagalanitu bukan merupakan akhir, yang terpenting adalah bagaiman bangkit dari kegagalan itu, karena ketika orang gagal salah satu orang ada yang semakin terpuruk dan satu lainnya bisa bangkit dan meraih sukses tinggal Anda pilih yang mana.

Ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Saking banyaknya kegagalan yang sering diterima mungkin sama dengan orang yang ditolak cintanya sampai berkali-kali dan akhirnya cinta yang kesekian kalinya akan terasa biasa saja. Begitupun kegagalan, orang yang tidak pernah gagal atau ditolak untuk pertama kalinya mungkin akan sangat terasa sekali.

Ada satu kalimat yang menarik bahwa dengan menghindari resiko berarti kita juga menghindari hidup. Menghindari gagal berarti juga menghindari sukses. Karena memang tidak semua akan berakhir seperti yang kita mau.

Sahabat yang mulai usaha menurut survey rata-rata 4 kali percobaan dan baru bertemu satu yang jodoh. itu sama seperti temen-temen sales di lapangan, dalam hal prospek timnya misalnya satu kali ditolak ,kedua, ketiga, keempat kali ditolak. harus bertahan, karena dia akan mendapatkannya yang di 4 kali ditolak itu. Justru yang terjadi dilapangan adalah 4 ke 5. Ditolak pertama kali saja banyak orang yang mundur.

Banyak orang yang hidupnya pas pasaan tapi mereka dikatakan cukup, karena orang itu hidup bukan hanya untuk dirinya sendiri tapi bisa dengan orang lain.

Yang satu cepat bangkit yang satu cepat menyerah. Banyaknya pengalaman mereka menghadapi kesulitan kegagalan akan menyebabkan mereka lebih mudah untuk bangkit lagi. Banyak orang yang gagal itu gak enak ya? itu kan membuat kita merasa kecil hati dan tentu saja menimbulkan berbagai kesulitan penderitaan dan apalagi kita telah invest, dan banyak orang yang tidak kuat menghadapi itu.

Ada satu jalan yang jarang dilalui orang. Ada kalimat yang disampaikan oleh M. Scott Peck bahwa  “Life is difficult. This is a great truth, one of the greatest truths. It is a great truth because once we truly see this truth, we transcend it. Once we truly know that life is difficult-once we truly understand and accept it-then life is no longer difficult. Because once it is accepted, the fact that life is difficult no longer matters.

Hidup ini sulit. ini adalah suatu kebenaran. Adalah suatu realita dan kebenaran terbesar dimuka bumi ini. begitu kita benar-benar memahami dan menerima fakta bahwa hidup ini memang sulit maka justru kita akan menjadi mudah untuk melalui semua.

Apa Anda pikir seolah hidup mudah??? no no no....

Ada kalanya kita jatuh gagal, umumnya kita membutuhkan bantuan orang-orang di sekitar kita. Kalau ada teman-teman yang gagal, maka blog ini hadir untuk bisa menginspirasi "hai ayooo kita bangkit lagi!!! . semua orang mengalaminya!! . dan  lihatlah orang orang  yang berhasil dalam bidang apapun!!. orang yang babak belur jatuh bangun jatuh bangun!!!. wisdom kebijaksanaan dalam berpikir lahir dari orang yang sering mengalami kegagalan itu!!!.

Lalu apakah orang yang sukses adalah orang yang paling banyak kegagalannya??? maka jawaban saya adalah dan tidaklah muncul pelaut yang hebat dari laut yang tenang. orang yang hebat sering kali orang yang diuji dengan berbagai kesulitan dan kegagalan dan menemukan arti dibalik kesuksesan itu. Kita harus kembali kepada motivasion.

Dalam setiap pertemuan sering kali saya bertanya pada orang-orang bahwa sukses itu apa? lalu mereka jawab sukses itu adalah meraih apa yang ktia cita-citakan, maka sebenarnya tidak salah apa yang mereka katakan tapi bukan jawaban yang utuh menurut saya, bahwa yang namanya sukses bukan jalan-jalan keluar negeri, punya mobil mewah, rumah besar, bukan sekedar itu. Sukses itu justru berbicara mengenai hal utama lainnya. yaitu setia menjalankan yang terbaik yang kita berikan satu ukuran lebih baik dari kemarin sebagai bonusnya kita akan mendapatkan banyak hal entah itu gaji, promosi jabatan, atuupun dalam bentuk yang lain.

Dengan kegagalan dan kesuksesan pada akhirnya bisa keluar maksimal bila kita harus diuji dengan kegagalan itu. Karena kita akan tahu bakat dan potensi yang terpendam dalam diri kita. Maka keluarkan kemampuan terbaik anda, ambil resikonya jangan menjadi penakut, dan tentu berbicara keberanian bukan keberanian yang konyol dan nekat. It'ts okay, jangan menyerah Anda bisa bangkit dan melakukannya lagi. bahkan akan mendapatkan ide-ide keberhasilan yang jauh lebih besar nantinya.

Memaknai kegagalan, apakah kegagalan itu?? Apakah seperti gagal dipromosiin terus, dan itu dan itu terus yang dialami. ???? apa yang kita bahas dalam artikel ini, jadi ada satu terminologi yang disebut sebagai PDCA (Planning Do Check Action), kalau kita mengalami kegagalan dalam project apapun, apakah ada kesalahan dan kalau salah tentunya harus kita perbaiki.

Ada beberapa sebab kegagalan diantaranya:

1. Bisa saja kita gagal dengan ada hal-hal yang merasa kita gagal ni. tapi sebetulnya gagal ini berada dalam yang Tuhan tetapkan.

Saya pernah bercerita kejadian tentang satu gedung dengan 30 lantai,semuanya terbakar dilalap api kecuali lantai 29 dan 30 yang tidak terbakar .

Pada lantai 29 dan 30 tersebut ada lukisan dilangit-langit dan tembok, pelukis sangat bangga dengan hasil karyanya sendiri. dia mundur dia maju mundur maju  mundur. dan jika dia mundur satu kali lagi dia akan terjatuh ke bawah gedung. Maka pada saat itu ada orang yang melihat pelukis tersebut akan terjatuh, dan orang tersebut berpikir kalau dia teriak takutnya malah dia terkaget dan jatuh. Akhirnya orang tersebut menyiram lukisannya pakai air. Pelukis tersebut marah dan akhirnya maju. dan orang tersebut bilang jangan pukul saya karena coba lihat Anda disana kalau tidak saya ingatkan Anda akan jatuh. jadi jangan marah. kalau tidak saya siram Anda bisa kehilangan nyawa,.

Tidak selalu semua berakhir dengan baik-baik dan sukses. Ada kalanya ketika kita berjuang dan berjuang dan malah menjauhkan kita dari keluarga dari anak-anak, menjauhkan ibadah, menjauhkan dari kehidupan yang lebih baik dan akhirnya jatuh ke kehidupan yang kurang baik. kalau Tuhan sayang kita maka Tuhan akan memberikan tanda-tanda seperti cerita di atas. ini bukan jahat dan justru menyelamatkan kita. maka yang kita lakukan seperti biasa adalah masuk dalam kamar berlututlah, berdoalah agar Anda tau apa pesan dari semua ini.

2. Kita mungkin bermain-main dengan hukum alam,
kalau kita bekerja di kantor. kita pernah memberikan contoh mengenai perselingkuhan, yang terjadi ini bukan takdir. kalau laki-laki dan perempuan bersama dalam satu ruangan mungkin akan muncul rasa suka. jadi kalau ada pembaca yang mendengar keluarganya dalam ambang kehancuran dan berada dalam hal tersebut. mudah mudahan dapat diberikan solusi.

3. Tentang bermain main dengan kandang bebas manusia.
Misal pagi-pagi alarm bunyi harusnya kita bangun bekerja tetapi bisa saja kita matikan alarm dan tidur lagi. bisa juga di kantor menjadikan kita terlambat, dll.

atau yang ke 4. terakhir ada saya bilang ada setan yang bisa menggoda dan akhirnya kita bisa gagal.

Apapun itu pastikan anda tidak bermain-main dengan hukum alam, kandang bebas dan setan (mungkin menyimpan jimat-jimat, karena saya juga pernah bertemu dengan orang-orang yang menyimpan begituan)

Kegagalan terjadi bukan karena kita mengakibatkannya. karena ujungnya biasanya usahanya tidak maksimal dan berarti harus dimaksimalkan.

Come on! jangan putus asa!!. karena gagal itu bukan akhir. ini seperti kita ujian dan mendapat angka merah. dan kita bisa mendapat remidial dan akhirnya lulus.

Yang pertama saya pikir menerima realita bahwa kita harus jujur pada diri sendiri saya melakukan sebisa saya dan realitanya saya menjalani kisah hidup seperti ini. pada saatnya juga kita bisa menghukum diri sendiri kenapa dulu saya tidak begini tidak begit, tetapi kalau waktu bisa diulang kembali kita bisa melakukannya tapi kalau realitanya tidak seperti yang kita harapkan maka kita harus menerima itu. Untuk sementara waktu sebisa mungkin menghindari dulu teman-teman, kelompok kelompok yang memang cenderung menghakimi dan memojokka kita sampai kita benar-benar kuat. tapi kalau mereka di depan anda teman-teman kantor saya doakan anda kuat.

Tapi yang kedua bacalah buku buku yang menyemangati bergaulah dengan orang yang pernah menghadapi hal yang sama tapi juga teman-teman yang memberi solusi yang baik. maka waktulah yang akan menyelamatkan kita.

Seperti saya juga kalau memberikan training saya ada konflik dengan siapapun maka berbeda sekali confident saya ketika saya baik-baik saja. Maka seperti biasa bahwa  part of solution itu berdamai dulu bawa realitanya memang seperti ini.

Ini kalau memang kesalahan kita ya sudah kita minta maaf. tapi saya mau belajar untuk tidak mengulanginya lagi. ya sudah kalau orang lain menghina terima. karena ini konsekuensi. Menjadi manusia yang lebih kuat lebih dewasa. jadikanlah semua ini menjadi batu loncat menjadi tangga ke lebih baik.


Sampai kapan Anda menjalani hidup seperti ini trauma, karena saya yakin ini menghambat hidup anda. Maka ucapkanlah hidup anda 100% tanggung jawab Anda. dan jangan menyerahkan hidup Anda di masa lalu .

Ttetapi Anda tentu saja kalau traumanya begitu besar Anda butuh terapi, konseling yang Anda datangi.
that your life. that responsibility. is enough. bahkan kalau Anda masih tramuma maka melakukan pekerjaan apapun akan tidak sepenuh hati. bahkan akan cenderung mengecewakan.

"Habiskan gagalmu di usia muda". Kemungkinan besar kata-kata bijak itu, kalau kita gagal di usia muda bisa ditolelir, beda halnya kalau gagal di usia tua maka mungkin sangat memalukan, orang kata begitu. Tapi saya rasa arti kata kata bijak itu . Ayo beranilah untuk memperbaiki kegagalan itu. Dulu saya mulai karir 27 tahun, jadi buat saya waktu itu pun kalau saya gagal tidak dapat project pun mungkin tidak masalah karena saya bisa makan indomie setiap hari, dan lain halnya coba kalau saya mulai di usia punya 2 anak 2 istri tentu saya lebih berhati-hati dan belum tentu berani melakukannya. semakin cepat anda melakukan sesuatu semakin baik, resikonya paling gak makan sendiri.

Hal yang lain adalah justru kalau kita banyak mengalami kesulitan kegagalan di waktu muda. justru kita menjadi matang. Ada yang bilang hidup itu dimulai di usia 40 karena itu matang matangnya, tapi ada juga yang 70 tidak matang karena dulu banyak menghidndari resiko menghindari kegagalan. jadi kata-kata bijak itu tepat sekali.

Walaupun bukan berarti mencari-cari gagal. Hidup ini begitu singkat. dan bahkan lebih singkat dari yang Anda bayangkan. tanpa meninggalkan sesuatu yang berharga, keluar dari zona aman, karena kegagalan bukan akhir, move on dan akhirnya kita akan melihat pribadi-pribadi yang matang dan luar biasa. harus ditempa harus dilatih.

Karena tidak ada pelaut hebat yang lahir dari laut tenang. Gagal bukan akhir karena bisa memicu kreatifitas di kemudian hari, dan akhirnya kita bisa menjadi pemimpin, dan saya berharap banyak pemimpin-pemimpin dunia yang lahir di Indonesia.

No comments:

Post a Comment