Sunday, 17 May 2015

Jangan Menjadi Diri Anda Apa Adanya! Jadilah Versi Terbaik dari Diri Anda

Saat Anda berpikir "saya ingin menjadi diri saya apa adanya", Anda akan sulit untuk maju. Ketika ada yang bilang jadi diri apa adanya banyak yang menganggap ini adalah sebagai suatu kebenaran,
Padahal, Tuhan menginginkan kita menjadi versi terbaik dari diri Anda. The best version of yourself bukan menjadi diri kita apa adanya, kalau kita menjadi diri kita apa adanya kita tidak akan apa adanya karena kita hidup dalam Comfort Zone, zona aman, karena kita akan hidup apa adanya dan tidak akan bahagia.

Kita sering kali tidak sadar bahwa apa yang terjadi dalam diri kita ini sudah maksimal, karena itu tugas kita adalah mengeksplor yang ada di diri kita karena Tuhan menciptakan kita untuk menjadi  yang luar biasa. Diri kita yang otentik adalah menjadi diri kita yang diciptakan Tuhan bukan menjadi apa adanya, kalau kita berhenti mengeksplor berarti kita berhenti menjadi manusia.

Orang yang mengeksplor adalah orang yang menyadari bahwa saya tidak sempurna , masih banyak kekurangan. karena yang namanya potensi itu nothing tapi Tuhan memberi hadiah kita potensi, tugas kita sebagai manusia adalah menyadari kita yang sekarang ini yang apa adanya adalah bukan yang terbaik, padahal sebagai manusia kita harus menyadari ini adalah mindset. karena kita dalam proses pertumbuhan, proses pertumbuhan ini belum selesai karena kita perlu mengeksplor secara terus menerus. Karena menjadi manusia seutuhnya adalah menjadi human being yang artinya sedang menjadi. Kita harus terus menerus berproses karena kita adalah human being. Kalau sudah berhenti bertumbuh berarti kehidupan juga tidak bertumbuh.


Ketika kita berhenti berproses, ketika kita mengatakan ya sudah saya seperti ini apa adanya, nah ini berarti hidup kita sudah selesai . Sering kali orang sering mengatakan ini sudah yang terbaik lho diri saya, tapi kalau kita lihat dari  prospektif masa depan maka diri kita yang masa lalu tidak ada apa-apanya dibanding yang sekarang. logikanya begini ketika kita melihat di 10 tahun yang lalu aku merasa sudah menjadi orang yang hebat. kemudian 10 tahun kemudian kita bisa saja jadi bilang lho kemampuan saya kok segitu saja.

The best version of myself itu kata kita sekarang, coba lihat tahun 2025 ketika kita masih hidup. maka kita akan berpikir ooohh si Aan Setiawan ini tidak ada apa apanya dibanding Aan Setiawan yang saat ini, dan saya yakin kalau saya mengatakan bahwa saya yang terbaik untuk saat ini adalah salah, berarti kita tidak mau tumbuh. Kalau dari prospektif sekarang mungkin kita bisa menjadi yang terbaik.

Jessica Cox adalah wanita keturunan Filipina, ia lahir pada tahun 1983 di Sierra Vista, Arizona, Amerika Serikat. Putri dari William Cox dan Inez Cox asal Amerika ini adalah memang wanita yang luar biasa karena dia dilahirkan tanpa tangan, tapi dia dapat menerbangkan pesawat hanya dengan kaki. Padahal kita yang punya anggota tubuh yang lengkap ini banyak yang belum mampu untuk menerbangkan pesawat.

Tetapi orang-orang ini sadar bahwa mereka sudah lahir seperti itu dengan potensi luar biasa, mereka tidak terperangkap dengan yang namanya masalah, mereka lahir ada yang kurang ini kurang itu, padahal mereka lahir dengan kekurangan, tapi melihat potensi, mereka melihat yang tidak terlihat, karena potensi tidak terlihat. orang yang melihat yang tidak terlihat itu namanya orang spiritual.

Jessica Cox lahir dengan tidak punya tangan, sehingga dia bisa mengemudikan pesawat terbang karena dia melihat potensi yang ada pada diri nya yang kita tidak lihat. ini luar biasa. Seringkali banyak orang yang terlihat adalah masalahnya tapi dia melihat potensi yang ada pada diri nya. Kadang manusia hanya melihat masalah nya itu sendiri dan sering tidak menyadari penciptaan kita seperti apa, padahal manusia itu adalah makhluk fisik dan makhluk spiritual.

Pemilik fisiknya yang spiritual siapa??? fisik ini hanya rumah. tampakannya .suatu ketika rumah itu akan rusak akan mulai bocor bocor. akan mulai rusak, dan suatu ketika si owner ini akan mencari rumah baru. tembok nya sudah mulai terkelupas. nah sebenarrnya manusia itu khan seperti itu yang disebut meninggal dunia. jadi manusia esensi nya adalah yang spritual itu. Proses pertumbuhan kita seharusnya kita melihat yang tidak kelihatan itu, nah yang kelihatan itu sesuatu yang bukan spiritual yang tidak kita lihat ini sebetulnya jauh lebih besar dari yang kelihatan.

Potensi kita itu lua rbiasa besar lho teman-teman. Orang melihat potensi itu hanya dari ilmu psikologi, ilmu psikologi tidak lengkap untuk melihat yang tak terlihat karena psikologi hanya melihat apa yang terlihat, potensi itu tidak gampnag, orang yang mampu melihat yang tak dapat dilihat itu adalah spiritual, psikologi saja tidak cukup kita butuh spiritual.

Paradigma kita mengenai lebih dan kurang kita revisi dulu, tapi setiap orang itu unik, diciptakan Tuhan itu dengan maksud tertentu, sayangnya kita tidak pernah mengeksplor. Semuanya yang kita anggap kalau dilihat dari paradigma umum, kenapa orang mengeluh? karena tidak melihat hadiah yang diberikan Tuhan itu seperti apa, karena hanya melihat masalah-masalahnya, sehingga yang muncul adalah masalah-masalah yang akhirnya dia mengeluh dengan masalah yang dihadapi, Tuhan ini gemes dikasih yang luar biasa tapi cuma mengeluh terus. ini orang sudah dikasih hadiah luar biasa tapi kok mengeluh dan mengeluh, makannya kenali potensi anda, kenali dirimu.

Sabar itu menikmati proses, orang yang buru-buru itu melihat hasil. orang yang bahagia itu tidak dilahat dari hasilnya tapi dari prosesnya, karena sesungguhnay proses itu jauh lebih nikmat daripada hasil

Ini ada kata-kata luar biasa. "Siapa yang mengenali diri nya maka dia akan mengenal Tuhannya".

Pemahaman umum, orang itu pasti ada lebih ada kurang, tapi kalau pemahamana sepiritual itu pasti lebih, setiap orang itu unik, bahkan ketika kita dikurangi kita itu pasti dilebihkan.

Banyak orang-orang luar biasa yang dalam padnangan orang umum dia kurang (maaf cacat misalnya) karena kita memandang pakai standart kita, padahal Tuhan tidak menjadikan itu. Istilahnya manusia bukan punya kelebihan dan kekurangan tapi manusia itu unik, karena kita melihat yang tidak kelihatan adalah potensi.

Ben Underwood mengalami kebutaan sejak kecil, Ben tidak mengeluh dan menyalahkan Tuhan karena kebutaanya karen adia bisa melihat potensi lain dalam dirinya. Pada akhirnya, Ben bisa melihat tanpa mata seperti laiknya orang-orang "normal". Buktinya dia biasa naik turun tangga, dia bisa masukkan bola kedalam ring basket. dia bisa melihat tapi tidak dengan mata karena dia punya mata lain, berarti dia tidak kurang dia unik.

Cara menggali potensi kita harus tau unsur-unsur nya yang pertama adalah talent, bakat adalah yang orang lain susah sekali melakukannya, yang kedua adalah passion, passion itu sesuatu yang kalau kita melakukan maka waktu itu berjalan begitu cepat, ketiga our personal value (nilai-nilai pribadi), dan yang keempat adalah legacy (apa yang ingin Anda wariskan kepada dunia ).

Biasanya orang melakukan penelusuran potensi itu melalui tes-tes psikologi, ini bukan semata-mata perspektif psikologi tapi spiritual juga. Tuhan itu menciptakan kita tidak ada kekurangan tapi cuma kelebihan saja cuma kadang kita melihat dari kacamata standart kita.

Ada orang yang tidak punya jari tapi bisa menjadi pemain piano hebat. Ada juga peselancar yang cuma punya tangan satu, karena suatu ketika dia sedang berselancar tapi tangannya digigit ikan hiu. Bayangkan orang yang berselancar itu khan butuh keseimbangan dengan tangannya dan ini luar biasa karena dia melihat dunia ini bukan berdasar kekurangan kelebihan tapi berdasar keunikan. ini lah yang namanya potensi

Spiritualitas adalah kemampuan untuk melihat yang tidak terlihat dan yang tidak terlihat itu lebih besar dari pada apa yang terlihat.
spiritualitas adalah melakukan yang tidak mungkin karena kalau itu mungkin itu bukan spiritualitas
ketiga spritualiatas adalah kenapa kita bisa melakukan yang tidak mungkin karena kita menyandarkan pada sesuatu yang memungkinkan yaitu Tuhan, karena bantuan Tuhan

Life is beautiful ini adalah spiritualitas, ini adalah orang-orang yang mampu melihat dunia ini. bukan orang yang melihat dunia ini biasa-biasa saja.

Kesimpulan: jangan jadi diri anda apa adanya tapi tuntutlah Aku untuk melakukan sesuatu karena hidup itu
"If you are always trying to be normal, you will never know how amazing you can be" -Maya Angelou. Kalau Anda selalu ingin jadi apa adanya Anda tidak akan tahu betapa hebatnya anda sesungguhnya

No comments:

Post a Comment