Thursday, 14 May 2015

Mengatur Napas saat Panik

Ingatkah Anda ketika sedang ketakutan, gugup, ataupun panik. Apa yang Anda rasakan? salah satu yang paling umum terjadi adalah sesak napas. Tapi sadarkah Anda tentang napas Anda ketika mengalami hal tersebut? Mungkin ada yang tidak sadar tentang hal ini karena terlalu fokus pada akar permasalahan penyebab panik tersebut sehingga mengabaikan hal-hal lain yang berhubungan.

Nah, kali ini saya akan membahas tentang napas panik. Ketika Anda sedang panik coba rasakan napas Anda. Biasanya yang terjadi adalah napas pendek, dangkal, cepat kemudian apalagi? adakah yang sadar kalau Anda bernapas salah?? iya, ini yang kita bahas.

Napas Anda ketika panik biasanya cenderung dada mengempis ketika tarik napas dan menggembung ketika mengeluarkan napas. Hal ini tentu akan memperberat kerja organ-organ di dalam tubuh kita.

Lalu bagaimana napas yang benar?? napas yang benar adalah ketika Anda menarik napas perut ataupun dada Anda menggembung, kemudian saat mengeluarkan napas perut mengempis.

Tapi ada banyak jenis napas yang bisa Anda pergunakan, diantaranya napas dada, napas diafragma, dan napas perut.

Bagaimanakah napas yang cocok untuk meredakan panik? saya juga kurang tau tentang hal ini tapi saya pernah belajar dulu di senam pernapasan yang mengajarkan napas perut, jadi kita menggunakan  napas perut untuk bernapas, kenapa menggunakan napas perut? sesuai referensi yang saya baca saya lupa sumbernya, napas perut adalah napas yang digunakan ketika bayi, napasnya anak kecil, napas alami, jadi mereka belum mengenal emosi, belum mengenal stress.

Perlu diketahui bahwa napas perut ini juga terjadi saat kita sedang istirahat atau tertidur.

Untuk saya sendiri yang penting saat panik usahakan napas benar yaitu dada ataupun perut mengembang saat menarik napas, demikian juga saat mengeluarkan napas perut ataupun dada mengempis.

Demikian artikel hari ini , semoga dapat manambah wawasan.

No comments:

Post a Comment