Sunday, 24 May 2015

UNDERSTANDING DEFENSE MECHANISM / MEMAHAMI MEKANISME PERTAHANAN DIRI

Membahas mengenai mekanisme pertahan diri ini sungguh menarik. apa itu Defense Mechanism?? Defense Mechanism=mekanisme yg dimiliki individu utk mmpertahankn diri dari pengalaman yg menyakitkan dan yg tidak disukai, artinya Dlm ilmu psikologi yaitu Cara yg mereka pakai utk melindungi diri mereka sendiri dari pengalaman menyakitkan/tidak menyenangkan. Manusia itu butuh untuk  mempertahankan diri, karena justru kalau tidak ada kecendereungan untuk melindungi diri, sudah punah kita, jadi secara fisik kalau ketemu singa di hutan kita tentu lari.

Tapi kita melihat jiwa manusia. saya belajar dari seorang guru dan saya juga belajar dari beliau. Kalau Anda melihat anak muda masih remaja, kaki nya cacat, dia sering diledekin temennya, dan akhirnya dia belajar untuk jalan, kemudian dia belajar lari, dan ternyata setelah 3 tahun berjalan dia dapat berjalan lebih cepat dari temannya yang normal, dia lari maraton dan menang lho. Mekanisme ini biasanya bekerja secaras pontan dan merupakan unconscious phenomena.

Defense machanism yang di atas ini yang di sebut Over-compensation yaitu defense yg mnggejala dlm pmilihn kegiatan lain yg sama skali brbeda dari apa yg scara natural ada pada dirinya. bahkan dia bisa juga  melakukan yang namanya isolation, dia masuk kamar dia mengurung diri karena takut diledekin, tapi justru dia membuktikan pada temennya dia marah dan dia bisa lebih dari temen-temenya dan dia menang, nah ini bisa jadi inspirasi, orang-orang seperti ini diliput dalam media, dimuat di undang ketelevisi. Tapi pada kasus lain dapat terjadi hal yang buruk adalah dia masuk ke dalam kamar dia mengurung diri dan tidak mengembangkan potensi yang ada

Walaupun cerita di atas kelihatannya bagus banget, karena dia memberikan inspirasi. Tapi ini khan psikologi, saya mau bicara mengenai sisi spiritualnya, nah kalau saya bertemu dengan remaja ini, sebelum saya memutuskan. Ketika dia bilang "Om Aan saya marah, saya mau buktikan!!!" maka saya akan bilang saya mau kasih saran ya, sebelum kamu mau melakukan itu bagaimana kalau kamu masuk kamar dan berlutut  minta bimbingan sama Tuhan. karena betapa kompleksnya seorang manusia,sehingga solusinya pun membutuhkan lebih dari sekedar motivasi biasa

Karena ada dua wilayah besar yang Tuhan tetapkan yaitu; yang Tuhan takdirkan dan yang Tuhan inginkan. Belum tentu kamu mengalami apa yang kamu inginkan, oleh karena ternyata ya tragedi terbesar dalam hidup bukan kematian, tetapi bahwa kita hidup melakukan suatu kegiatan, dan bisa saja sibuk mengejar suatu pencapaian yang sebenarnya kita tidak pernah di lahirkan untuk kegiatan pencapain tersebut.

Walaupn orang bilang kamu inspirator hebat, kakimu cacat, kamu membuktikan kepada teman-temanmu bahwa kamu, jiwamu lebih besar dari teman temanmu, di level psikologi kita sudah memberikan apresiasi besar.

Nak pikirkan dulu bahwa kaki yang cacat itu adalah sebagai inspirator, tragedi terbesear dalam hidup manusia bukan kematian, tetapi kamu hidup untuk mengejar suatu pencapaian yang sebenarnya kamu diciptakan bukan untuk pencapaian tersebut.

Logikanya mobil itu diciptakan ada tujuannya, mobil untuk 6 orang atau untuk barang, ini beda lho tujuannya. this is not comment motivation purpose, tujuan itu menentukan desain, desain menentukan potensi.

Jadi yang namanya mobil barang, didalam pikiran desainer ini sudah tau bahwa ini untuk barang, orang atau bus. end result nya atau produk akhir, why?? karena semua produk di desain berdasarkan tujuan dan ini di ikuti dengan potensi mesin 600 cc, 1800 cc. makannya kalau dia tidak sesuai tujuannya itu bukan namanya fullfill.

Tetapi jika orang bangun pagi sekuat tenaga untuk pekerjaan itu. dan itu sebab mengapa nanti kita melihat dimana aset terbesar dunia itu ditemukan, dimana?? dikuburan. apakah Anda sedang menuju itu?? sampai sampai untuk potong rambut saja susah cari waktu, atau cari waktu untuk potong kuku!. Apakah saya sedang menuju jalan untuk diciptakan itu.

Kenapa banyak orang itu lelah, pergi kerja itu tidak semangat, sebenarnya mereka bekerja tidak sesuai tujuan awal diciptakannya. Menemukan tujuan dan give bakat potensi anda masing-masing, tetapi secara singkat kalau mobil ingin tau untuk apa dia dicipta, dia tidak bisa bertanya kepada siapapun tetapi dia bertanya kepada pembuatnya, karena pembuatnya tau dia di desain dengan warna bentuk seperti apa bahkan potensi-potensi yang ada di dalam mobil ini, biasanya kalau kita ingin tau kita tentu melihat manualnya. Oleh karena saya tidak hanya berbicara mengenai purposenya . kenapa Anda didesain?, para psikolog menemukan tidak lebih 10% kita melakukan bakat dan potensi saja kita bisa mencapai ke bulan apalagi kalau kita menggunakan lebih dari 10% itu.

Contoh tentang denial, Jadi Denial itu karena dia menyangkal, tentu saja dia tidak mencari obat, tapi mari sehat, coba kita pikir-pikir , apakah ada sesuatu yang terjadi di kehidupan Anda?. Kalau iya, saya menyarankan berhenti sebentar, dan mari cari cara yang lebih baik, penyangkalan tidak memberikan solusi, tapi saya sedang mengalami penyakit dan kemudian kita mencari solusi.

Ada seorang Ibu dan anaknya meninggal dunia. ini bagian dari defense mechanism. itu anaknya satu-satunya wanita itu ternyata meninggal dunia di usia 17 tahun, lagi cantik-cantiknya, sekolah bagus-bagusnya, ternyata meninggal dunia, ketika ibu-ibu lain ini datang kerumah memberi hiburan, ternyata ibu ini tidak sedih, tidak susah sekali, dan si Ibu berkata "semua orang lambat atau cepat tentunya akan sampai kesana" Maka apa yang terjadi? kalau terjadi demikian maka ini kita harus hati-hati karena dia menyebutkan nama Tuhan, ini bagian dari defense mechanism, merasionalisasikan suatu kejadian, ini tentu tidak normal karena manusia yang sehat ketika anaknya meninggal dunia harusnya dia menangis, harusnya sedih. ini sering kali tidak ada pilihan lain, sehingga mau tidak mau ia harus menghadapi realita yg tidak disukai.

Jika terjadi seperti di atas jika dia merasionalisasikan dengan itu tentunya itu masalah, tapi ini tidak masalah seandainya jika dia melakukan setelah 3 bulan itu yang namanya make sense (masuk akal atau dapat dimengerti), kalau dibiarkan bagaimana?? kalau kita sebagai temannya mungkin kita akan berkata dia tegar dia kuat, tapi yang mestinya kita ketahui adalah ibunya ini perlu dikonseling , repression dia ini mencoba untuk mematikan perasaan sedih ini, dan kalau dibiarkan ini dapat menjadi cancer, manusia perlu dibantu untuk menjadi normal.

Semua ini terjadi dibawah alam sadar kita, ini makannya ada konselor melakukan terapi, supaya kita dibantu  melakukan terapi, jika air mata itu perlu, maka menangislah!!!.

Kemudian ada yang bertanya mengenai dendam yang positif?? saya yakin ini sudah menembus psikologi, kalau dia disakiti dan dia bisa berempati kepada orang lain, psikologi menurut saya tidak sampai level itu, defense mechanism yang dilakukan menurut saya sudah terpengaruh dengan Tuhan , dan saya yakin ini ada interferensi dari Sang Pencipta. is very good!.

Lalu bagaimana agar kita bisa bertahan dengan impian kita ketika lingkungan tidak mendukung? impian yang ada, pastikan impian-impian yang memang layak untuk diperjuangkan, dan Anda memang layak untuk mencapai itu, dan kadang-kadang Anda harus keluar dari lingkungan Anda untuk mencapai itu, dan sering kali potensi anda kadang ditutupi oleh orang-orang terdekat, orang tua, teman atau guru , dan Anda boleh mengucapkan sayonara untuk sementara waktu dan kembali dalam waktu 2 atau 3 tahun kedepan dengan keberhasilan.

contoh yang lain, ada seorang Suami berduka atas kematian Istri yang disayangi, ia sedih yang mendalam, untuk meluapkan kesedihannya lalu ia menikah dengan orang yang lebih seksi, karena dia berharap dengan kepuasan sek itu dapat melupakan kesedihannya. ini terjadi dimana seseorang ini mencoba untuk melupakan realita itu, karena setiap kali ia mengingat istrinya dia menangis ia tidak kuat, akhirnya dia melakukan dengan cara yang lain, yaitu berharap dengan kepuasan seks dia akan melupakan Istrinya. Sepertinya ini harus hati-hati sekali karena manusia itu kompleks sekali, kelihatannya kalau kita ketemu bapak ini dia sudah normal tapi sebetulnya respon ini adalah masalah, di dalam dirinya ada masalah yang  besar karena dia menikah bukan alasan yang tepat dan benar, dan ternyata itu hanya obat sementara akar karena permasalahannya belum beres. Karena setiap orang cenderung utk memilih pengalaman yg disukai,yg dirasa tidak merugikan diri sendir.

Defense mechanism ini nanti kita bisa melihat kayaknya kok sudah move on ini orang. tetapi sebetulnya dalam diri seseorang memang berhenti narkoba tapi ada masalah yang besar. Ini butuh konseling tapi bukan yang hanya berbicara masalah psikologi, kalau psikologi doang ini akhirnya akan muter-muter dan muter. ini perlu psikologi dan spiritual, kita perlu bertanya pada Pencipta kita. Dan manusia mencoba menjelaskan, manusia mencoba merajut ulang, psikolog hebat perlu diintegrasikan dengan spritual yang kompleks.

No comments:

Post a Comment