Thursday, 9 July 2015

Apakah ada saat-saat dimana desain responsif bukanlah pilihan yang tepat?

Dimana ada anggaran yang memungkinkan dan pada situasi yang dibutuhkan sebuah vesi "mobile" website menjadi pilihan yang lebih disukai. Ini dapat menyediakan konten yang berbeda, desain, dan interaksi berdasarkan perangkat, lokasi, kecepatan koneksi dan sejumlah variable lain termasuk  kemampuan teknis perangkat. Sebagai contoh, bayangkan sebuah situs yang menampilkan "lokasi SPBU terdekat". Ini mungkin memiliki salah satu dari "website standar" atau website versi "mobile" yang menambahkan fitur GPS untuk mengetahui lokasi Anda dengan SPBU terdekat berdasarkan lokasi Anda saat ini. Solusi semacam ini memerlukan lebih dari desain responsif untuk ditawarkan.

Namun, sementara masing-masing project menuntut tingkat kecanggihan yang berbeda, pada hampir semua kasus, masih lebih baik kita untuk menyediakan tampilan yang dapat disesuaikan tergantung dari ukuran layar viewport pengguna. Sebagai contoh, Pada sebagian besar situs, meskipun melayani konten yang sama, saya ingin memvariasikan cara kontent ditampilkan. Pada layar kecil, mungkin menempatkan unsur kurang penting di bawah konten utama, atau sebagai skenario terburuk menyembunyikan unsur yang kurang penting sama sekali. Mungkin juga mengubah tombol navigasi untuk mengakomodasi menekan jari. dan bukan hanya menawarkan pengalaman yang hanya dapat digunakan pada pengguna yang menggunakan mouse untuk dapat tepat melakukan klik! Tipografi juga diperlukan untuk memudahkan pembacaan, yang memungkinkan teks dapat dibaca tanpa perlu memperbesar atau menggeser ke sisi  kiri atau kanan. Dengan cara tersebut, ini dilakukan untuk ukuran layar dengan viewport kecil, dengan mengesampingkan penggunaan layar desktop standar ataupun laptop.

Sementara kita mangasumsikan semua perangkat di atas menggunakan situs kita, lalu bagaimana dengan tambahan pengguna yang menggunakan layar dengan skala besar seperti 1.900 pixel atau lebih? Singkatnya, saya kira Anda memerlukan desain untuk ukuran viewport yang dapat mengakomodasi semua ukuran.

No comments:

Post a Comment