Saturday, 11 July 2015

CSS3 Memungkinkan Desain Responsif dan Lebih

Jika Anda sudah ada dan mengenal dalam hal desain web dari pertengahan tahun 1990-an, Maka Anda akan ingat pada saat itu semua desain berbasis tabel dan styling menyatu dalam satu halaman konten. Kemudian Cascading Style Sheets (CSS) diperkenalkan sebagai cara memisahkan desain dengan konten. Butuh beberapa waktu untuk web desainer berani melangkah ke dunia baru dengan desain berbasis CSS, dan http://www.csszengarden.com/ membuka jalan untuk itu, menunjukka apa yang bisa dicapai secara visual dengan desain berbasis CSS. Sejak itu, CSS telah menjadi cara standar untuk mendefinisikan lapisan tampilan dari halaman web,  dengan menjadikan CSS 2.1 sebagai ratifikasi spesifikasi CSS. CSS3 belum sepenuhnya diratifikasi tetapi itu tidak berarti bahwa sebagian besar dari itu tidak sepenuhnya digunakan pada waktu itu. W3C bekerja bersama dan mencatat pada http://www.w3.org/TR/CSS/#css3 sebagai berikut:

CSS Level 3 dibangun berdasarkan pada CSS Level 2 modul denga modul. Menggunakan spesifikasi CSS2.1 sebagai core nya. Setiap modul menambahkan fungsionalitas dan/atau mengganti bagian dari CSS2.1. CSS Working Group bermaksud bahwa modul CSS baru tidak bertentangan dengan spesifikasi  CSS2.1: bahwa mereka hanya menambah fungsionalitas dan memperbaiki definisi.
Sebagian besar draft W3C dibaca (jika diperlukan) sebagai legalese. Dalam istilah sederhananya, apa yang penting bagi kita adalah bahwa CSS3 dibangun sebagai rangkaian modul 'bolt-on' daripada seluruh kesatuan tunggal. Seperti CSS 2.1 pada intinya, tidak ada teknik yang Anda tinggalkan saat menggunakan CSS 2.1. Sebaliknya tentu modul yang lebih matang (tidak semua modul berada pada tahap kesiapan) CSS3 dapat digunakan aktif saat ini, tanpa menunggu seluruh spesifikasi yang akan disahkan.

Intinya-CSS3 tidak akan merusak apa-apa!
Mungkin point paling penting adalah bahwa tidak ada hukuman pada browser lama untuk properti yang tidak mereka mengerti. Browser lama (termasuk Internet Explorer 6, 7, dan 8) akan dengan senang hati melewatkan properti CSS3 yang tidak bisa mereka proses. Ini memberikan kita kemampuan untuk semakin meningkatkan desain area pada browser yang dilengkapi dengan baik. Sementara memastikan penurunan tampilan yang wajar kembali pada versi CSS yang lebih tua.

No comments:

Post a Comment