Friday, 14 August 2015

Makan Jagung Lebih Sehat

Jagung enak tenan
Kadang karena terlalu banyaknya aktifitas yang dilakukan ada kalanya dimana nafsu makan sedang turun, tidak doyan nasi , bahkan baru mencium  bau masakan saja langsung mual. Padahal kalau tubuh tidak mendapat asupan makanan  tentu akan  menjadi lemas dan tidak dapat beraktifitas normal. maka kita butuh alternatif makanan lain yang kita suka untuk menggantikan makanan utama kita.

Saat ini nasi memang sudah menjadi makanan yang umum di Negara Indonesia, dari sabang sampai merauke, tapi sebenarnya jauh dulu sebelum nasi menjadi populer seperti saat ini ternyata makanan pokok di Negara kita itu ada bermacam-macam di tiap daerah, contohnya di Madura dulu makanan pokok mereka adalah jagung, dan ada juga di daerah lain  yang makanan pokoknya ubi, kentang dll. dan yang terpenting dari makanan  ini adalah memenuhi kebutuhan karbohidrat yang nantinya dapat di ubah menjadi energi di tubuh kita.

 Tapi yang sudah menjadi kebiasaan masyarakat kita adalah belum makan  nasi maka belum makan walaupun sudah makan bakso , mie, kentang , jagung dan lainnya, tapi entah kenapa rasanya kalau belum makan nasi itu belum mantap. mungkin ini sudah menjadi tradisi kali ya. tapi di Negara lain ada  yang menjadikan gandum untuk makanan mereka , ada juga yang makan mie sebagai makanan mereka. Jadi kalau seandainya ada teman yang tidak suka nasi tentu itu bukan hal yang aneh, karena ada alternatif makanan lain yang tidak kalah sehat di banding  nasi beras bahkan lebih bagus untuk kesehatan kita , yaitu jagung ,  seperti penjelasan di bawah ini.
  1. Melancarkan pencernaan
    Karena jagung kaya akan serat yang membantu proses pencernaan
  2. Menyehatkan mata
    Karena jagung mengandung carotenoid yang menurunkan resiko kerusakan mata di usia senja
  3. Menyehatkan jantung
    Ini juga karena carotenoid dapat menurunkan resiko penggumpalan arteri
  4. Kaya kalori dan vitamin
    Setiap 100 gram sajian jagung, ada 342 kalori yang terkandung di dalamnya. Jagung juga kaya akan vitamin B kompleks yang menjaga kesehatan saraf.
  5. Kaya mineral
    Ada beberapa mineral yang terkandung dalam jagung, diantaranya magnesium, mangan, zat besi, tembaga, seng, dan selenium
  6. Mencegah anemia
    Karena Anemia disebabkan kondisi kekurangan vitamin B12, asam folat, dan zat besi. maka perbanyaklah konsumsi jagung
  7. Mengontrol diabetes
    Karena ada senyawa tertentu dalam jagung yang mampu menurunkan risiko serangan penyakit ini.
  8. Melawan kanker
    Jagung kaya akan antioksidan yang ampuh melawan beberapa jenis kanker. Jagung punya peran dalam membunuh sel kanker tanpa menyakiti sel sehat dalam tubuh.
  9. Menyehatkan kulit
    Jagung dalam bentuk minyak adalah produk kecantikan yang mulai banyak ditemukan di pasaran. Minyak jagung memang punya kemampuan dalam menyehatkan kulit secara alami.
Dan masih banyak lagi tentunya manfaat selain yang tercantum di atas, makannya tingkatkan untuk mengkonsumsi jagung.

 Saya sendiri juga saat ini sedang beralih ke jagung, setiap sarapan pagi saya selalu mengkonsumsi jagung rebus, karena kebetulan saya juga tidak begitu suka dengan makanan yang berminyak karena saya tahu itu tidak baik untuk kesehatan kita. Tapi Siang dan malam tetap makan nasi.

Dan jagung ini juga selain penyajiannya yang praktis, mudah , cepat, dan lezat tentunya dapat di buat berbagai kreasi cara penyajiannya misalnya di panggang, atau di tumis dan di buat nasi jagung , bubur jagung juga bisa, Tergantung selera.

Demikian, ayo konsumsi jagung, biar juga mengurangi beban pemerintah untuk import beras.

No comments:

Post a Comment