Sunday, 16 August 2015

Pertama Kali Kenal dengan yang Namanya Komputer

Sampai saat ini sebagai seorang yang bergelut dibidang komputer saya masih belum ingat kapan pertama kali komputer diciptakan walaupun saya pernah membaca artikel tentang hal tersebut dan pernah menceritakannya kepada murid-murid saya. Tapi saya rasa ingat atau tidak ingat kapan komputer tersebut diciptakan bukanlah hal yang penting menurut saya, karena yang terpenting adalah saat ini apa yang dapat kita gunakan dengan komputer sehingga membantu pekerjaan kita sehari-hari.

Pertama kali saya kenal komputer waktu kelas 2 SMP kalau gak salah ingat, kira-kira tahun 2003 mungkin, saat itu saya masih tidak begitu tertarik dengan yang namanya komputer, bahkan merupakan hal yang menjenuhkan berada di depan komputer karena saat itu yang saya ketahui komputer hanya dapat digunakan untuk mengetik, entah  itu mengetik surat  atau membuat label undangan pokoknya yang berhubungan dengan mengetik itu saja.

Tapi dengan pengetahuan dasar saya bahwa komputer hanya dapat digunakan untuk itu-itu saja tapi tidak menyurutkan semangat saya untuk mengikuti less tambahan di sekolah, bahkan saya rela berangkat sore sepulang sekolah untuk mengikuti les komputer, terlepas dari bahwa saat itu dua guru komputer saya yang dua-duanya cantik dan masih muda saat itu dan tidak perlu saya sebutkan namanya yang pasti menambah semangat saya untuk mengikut less komputer.

Sayangnya ada hal yang membuat saya kecewa waktu itu, saya masih ingat betul waktu ada ujian komputer saya mendapat nilai maksimal tapi entah guru tersebut bercanda atau tidak saya malah dicurigai mendapat nilai tersebut dan seolah-olah dia tidak percaya dengan penampilan saya yang murid dari desa kurus dekil item pakaian tidak pernah setrikaan kumel dll, bahwa saya mendapat nilai maksimal malah ditawari untuk nilai saya diturunkan menjadi dibawah nilai yang seharusnya saya dapatkan. Tapi saya tidak terlalu pusing dengan hal tersebut dan saya juga saat itu tidak sadar pentingnya nilai rapot dan saya juga tidak pernah lihat nilai raport saya . Karena yang terpenting waktu itu adalah bermain, bermain dan bermain.

Nah selepas dari SMP saya masuk SMA, saya juga bertemu dengan pelajaran yang namanya komputer lagi, saat itu semangat saya untuk tau lebih jauh mengenai komputer masih belum  terbakar, karena saya nilai gurunya yang saya rasa kompetensi untuk mengajar komputer masih kurang dan terbatasnya guru yang menguasai komputer saat itu mungkin sehingga saat pelajaran komputer banyak waktu  kosongnya padahal saya menunggu-nunggu saat pelajaran itu sampai-sampai saya membeli buku paket untuk pelajaran komputer itu yang setiap hari saya baca dan tidak paham-paham juga karena tidak adanya perangkat komputer.  Pada masa-masa ini perlu  diketahui bahwa perangkat komputer juga masih terbatas , satu komputer bisa digunakan oleh 2 sampai 3 siswa yang berebutan menggunakannya, sehingga saya juga orang nya suka mengalah jadi saya biarkan kendali komputer berada di teman saya , karena saya juga yang notabene orang kampung takut kalau komputer tersebut rusak atau terjadi hal yang tidak diinginkan.

Pada saat kelas 2 SMA ada hal yang menarik perhatian saya dengan komputer, bahwa ada teman saya yang saat itu sudah saya bilang mahir menggunakannya karena di rumah keluarganya punya usaha rental komputer untuk pengetikan, dan di sekolah dia membawa software yang membuat saya terkagum-kagum dan saya menunggu pelajaran komputer untuk mencoba aplikasi tersebut, aplikasi tersebut adalah sejenis ramalan bintang berdasarkan tanggal lahir, saya rasa sangat canggih dan setiap hari bisa berubah-ubah apa ramalan yang ditampilkan, waktu itu saya belum mengenal yang namanya pemrograman ataupun database, jadi saya rasa itu hal yang hebat.

Sampailah saya kelas 3 SMA , saat itu ada pelajaran yang mengharuskan membuat makalah, namun saya belum juga dapat mengetik ataupun mencetak hasil ketikan saya, saya seringkali meminta bantuan teman saya untuk membuatkan tugas saya tersebut dan sekedar menggantikannya dengan uang jajan, saya sangat berterima kasih dengan teman saya tersebut karena dialah sahabat satu-satunya saya di sekolah, karena saya sekolah di kota tempat yang agak berkelas waktu itu yang rata-rata temen saya semua adalah anak orang berada sehingga untuk berteman juga agak canggung.

Dan di kelas 3 SMA ini pulalah yang pertama kali mengenalkan internet, pada waktu mengenal internet ini ketertarikan saya dengan komputer sudah mulai tumbuh, karena saya waktu itu sudah mengenal chatting dan masih menggunakan mIRC kalau temen-teman yang sudah berumur mungkin pernah menggunakan media chating ini . . hehehe walaupun sekarang ini sudah banyak orang yang tidak menggunakan mIRC tapi saya tetep setia menggunakannya sampai detik ini karena ini merupakan software yang powerfull yang bukan hanya untuk sekedar chat kalau teman-teman mengetahuinya.

Waktu itu saya juga telah mengenal yang namanya email , dan sudah mengenal friendster tapi saya juga belum tahu apa kegunaannya bagaimana membuatnya seringkali saya minta bantuan teman untuk membuatkannya karena itu juga merupakan tugas sekolah , saya ke warnet, saya yang bayar tapi temen saya yang bikin. hehehe . . ..   entahlah yang saya tahu waktu itu hanya browsing , searching, dan main chat itu saja itu sudah merupakan hal yang membuat saya senang.

Nah cukup sekian dulu, soalnya panjang banget ceritanya nanti dilanjut pada artikel selanjutnya saja. oke. salam sukses, dan sehat selalu.

No comments:

Post a Comment