Saturday, 29 August 2015

Pertimbangan Untuk Memilih Web Hosting yang Tepat

Dulu waktu awal-awal kenal dengan internet saya tertarik dengan yang namanya website, dan saya mencoba-coba sendiri secara otodidak untuk membuat sebuah website dengan domain + hosting gratisan, kalau dulu saya menggunakan co.cc sama hostingnya apa ya lupa saya, pokoknya serba gratis begitu, tapi itu ternyata belum membuat saya puas karena saya masih menggunakan hosting yang gratisan.

Pernah ikut pelatihan membuat website juga yang di gelar oleh mantan dosen luar saya waktu itu, dan diperkenalkan dengan hostingan  yang berbayar tapi lagi-lagi menggunakan hostingan yang trial dalam artian kami di berikan waktu satu minggu untuk mencoba kemudian kalau tidak membayar maka layanan hosting tersebut diberhentikan. Lagi-lagi saya masih belum puas lagi.

Kemudian karena saya suka browsing dengan hal-hal yang berbau internet+jaringan dan waktu itu ada seseorang yang saya percaya walaupun belum pernah ketemu tatap muka tapi saya menduga bahwa dia seorang yang berpengalaman di bidang IT dan tutorialnya sering saya baca maka saya mencoba menambahkan pertemanan orang tersebut untuk akun fb saya.  Maka syukurlah permintaan pertemanan itu di approve olehnya.

Dari teman saya tersebut karena dia tinggal di surabaya jadi saya hanya bisa sms sama chating kalau ada hal yang ingin saya tanyakan, maka kali ini saya ingin mencoba untuk membuat website  yang beneran website yang berbayar menggunakan hosting berbayar domain berbayar untuk pertama kalinya saya mencoba. dan dia menyarankan untuk menggunakan hosting yang kantornya ada di local surabaya. disini saya tidak menyebutkan brand nya apa karena saya memang bukan bagian marketing dari mereka.

Pertama kali saya menggunakan layanan hosting tersebut saya merasa waooowwww.... amazing, awesome .. . ini dia yang saya cari, saya cukup puas dengan pelayanannya , dan hampir tidak ada kendala karena waktu itu hanya saya gunakan untuk sebuah website untuk memasarkan sebuah produk affiliasi dari negara luar sana. dan lumayan hasilnya bisa untuk membantu meringankan beban sewa  hosting tersebut.

Semakin hari karena uang tabungan saya juga semakin meningkat dan saya semakin mantap untuk menjalani bisnis internet marketing maka sayapun dari pada membeli hosting untuk satu website maka saya memilih untuk menyewa paket reseller sehingga saya dapat bebas membagi-bagi sendiri untuk masing-masing slot website yang akan saya bangun . Maka saya mencoba untuk menyewa hosting di luar negeri yang entah bagaimana tapi sepertinya atas referensi beberapa artikel yang saya baca maka saya bertekad untuk mencoba hosting tersebut.

Dan lagi-lagi saya puas dengan layanan hostingnya dan saya pikir aksesnya lebih bagus daripada hosting yang di dalam negeri sampai akhirnya ada beberapa hal yang membuat saya menyudahi sewa hosting tersebut dan akhirnya saya memakai hosting local indo lagi karena keterbatasan dollar yang saya miliki di akun bank elektronik (entah orang menyebutnya apa tapi kalau saya lebih suka menyebutnya seperti itu , ini hanya istilah saya sendiri) saya., karena untuk menyewa hosting tersebut harus menggunakan dollar.

Sampai pada akhirnya karena semakin kompleks website yang saya bangun maka satu persatu hosting local indo tersebut banyak yang semakin tidak support dengan pluggin engine yang saya gunakan, maka sayapun lebih sering untuk kontak si penyedia hosting dan banyak berakhir dengan beradu argumentasi dengan technical support maka sayapun semakin malas menggunakan hosting local indo.

Selain itu ada teori bahwa kalau target user ada di local indo maka lebih baik menggunakan hosting local indo yang menggunakan jaringan IIX dan kalau target pengunjung ada di luar maka baiknya server berada di luar juga, maka sepenuhnya teori ini tidak berlaku bagi saya , kenapa? karena baik target pengunjung ada di local indo maupun di luar indo tetap saja hostingnya lebih puas yang berada di luar indo karena saya rasa mereka memang professional di bidangnya. dari segi aksesnya pun lebih cepat walaupun server mereka berada di luar negeri (menurut saya berdasarkan pengalaman /  bukan atas dasar pertimbangan bandwith tapi juga dari performance server yang digunakan). Tapi bukan berarti server local Indo tidak bagus, mungkin dengan menggunakan source engine yang berbeda bisa menghasilkan akselerasi yang berbeda pula.

Akhirnya lagi-lagi saya menyarankan untuk menggunakan server yang ada di luar local Indo, menurut saya, tapi saya tidak menyebutkan vendornya siapa, bisa di cari sendiri , siapa web hosting terbesar dan terpercaya , silakan googling. dan sebelum menyewa baiknya silakan coba versi trialnya dulu untuk memastikan dukungan tersedia untuk software yang Anda gunakan.

No comments:

Post a Comment