Thursday, 20 August 2015

Perusakan Moral yang Mewabah di Dunia Maya

Rekan-rekan, saat ini penggunaan Gadget sudah bukan merupakan hal yang mewah lagi, bukan cuma orang dewasa, tapi anak-anak sekarang juga sudah banyak yang di bekali perangkat seperti ini. Harganya pun cukup beragam dan terjangkau. Era digitalisasi sudah benar-benar terjadi saat ini.

Disamping banyak keuntungan dari penggunaan perangkat ini juga ada sisi negatifnya yang cenderung memberikan efek tidak baik. Jadi perlu di waspadai  untuk menggunakan perangkat seperti ini apalagi tidak semua orang tua mengerti akan penggunaan perangkat ini yang pasti banyak orang tua memberikan hadiah kepada anaknya sebagai hadiah ulang tahun atau yang lainnya tanpa mengerti apa yang dapat dilakukan anak dengan perangkat seperti ini, karena yang penting orang tua melihat anaknya senang itu juga ikut senang tanpa mengetahui berbagai efek yang dapat ditimbulkan dari perangkat ini.

Jaringan internet pun semakin murah, dulu orang berinternet harus ke warnet itupun dipantau dari server oleh seorang operator jadi kalau ingin membuka hal yang tidak sopan maka dengan sendirinya sadar bahwa itu hal yang tidak patut untuk diselancari dan kalaupun melanggar tentunya akan di kill paksa oleh pengelola warnet, namun tidak jarang juga demi memuaskan pelanggan dan mencari pelanggan sebanyak-banyaknya malah penyedia warnet memfasilitasi berbagai kebutuhan pelanggan yang cenderung ke arah negatif.

Dan semakin mudahnya akses internet, serta semakin murahnya operator selular menyediakan paket koneksi dengan harga yang obral-obralan, maka semakin mudah lah akses jaringan internet sampai ke perangkat-perangkat smartphone. Nah ini yang penting karena di sini sudah tidak ada lagi filter/proteksi yang menyaring berbagai media yang masuk ke layar perangkat putra-putri kita. Bahkan konten yang belum diinginkan juga secara tiba-tiba dapat muncul di layar perangkat.

Dengan perangkat seperti itu maka sudah dipastikan banyak tangan-tangan jahat berintelektual tinggi namun tidak disertai moral yang baik mengintai para pengguna yang masih polos dan lugu. Disinilah yang perlu di waspadai karena anak-anak  masih labil dan mudah terpengaruh. Bahkan ada yang secara terang-terangan anak-anak sekarang yang meniru/melakukan hal yang dulunya merupakan hal yang memalukan serta tidak layak untuk dipertontonkan malah bangga melakukan hal tersebut dan seolah-olah merasa memang itulah anak jaman sekarang .

Oleh karena anak-anak belum saatnya menggunakan perangkat seperti itu, karena dunianya adalah bermain yang sehat, biarkan anak bermain berlari, bermain air, dll agar secara fisik mereka sehat dan tidak kehilangan masa kecilnya.

Maka saya menghimbau untuk para orang dewasa, demi menjaga generasi kita agar sehat jiwa raga maka sepatutnya yang dapat kita lakukan :
  1. Batasi penggunaan perangkat smartphone (Contohnya hanya boleh menggunakan smartphone hari sabtu-minggu saja , itupun jam nya harus di batasi juga, serta berikan sanksi jika terjadi pelanggaran. Jangan takut anak menjadi gaptek karena otak mereka lebih cerdas dari kita nanti jika sudah waktunya mereka akan mudah menyusul ketertinggalannya tersebut)
  2. Sebaiknya kita menemani anak jika bermain dengan gadget.
  3. Biarkan smartphone tanpa password agar sewaktu waktu kita dapat memantau aktivitas apa yang dilakukan dengan perangkat tersebut. 
  4. Bekali anak dengan pengetahuan yang mendukung
Demikian, semoga moralitas generasi kita tetap terjaga dan tidak terpengaruh oleh hal-hal yang dapat merusak akal serta perilaku yang merugikan diri sendiri maupun orang lain.

No comments:

Post a Comment