Wednesday, 2 September 2015

Konten yang Tepat Meningkatkan Jumlah Pengunjung Website

Membuat website bukan semata-mata membuat website kemudian tiba-tiba ada banyak pengunjung yang datang mengunjungi website kita begitu? bukan,. Sebuah website ini layaknya sebuah tempat / toko di kehidupan kita yang nyata untuk berjualan sehingga perlu kita rencanakan dengan baik karena dengan banyaknya pengunjung yang datang ke toko kita maka semakin banyak pula produk yang mampu terbeli oleh  konsumen. Lalu dengan cara apa?? nah kita harus mempromosikan website kita tersebut, seperti berikut diantara yang mampu membuat situs kita banyak di kunjungi oleh pengunjung.

Seperti contoh kasus situs http://swaradio.com    . Ini adalah sebuah situs berisi tentang informasi yang berhubungan dengan radio khususnya radio komunikasi. Apa yang dapat kita pelajari dari situs ini? situs ini hanya berisi satu hal spesifik yaitu tentang "radio komunikasi". Coba saya melakukan pencarian di mesin pencari Google.com misalnya maka saya ketikkan "jual beli radio".

Maka dapat saya lihat saat ini yang muncul di halaman pertama dari sekitar 700.000 hasil pencarian dengan kata kunci "jual beli radio" adalah situs tersebut. Karena memang "kata kunci" yang dioptimasi pada situs tersebut adalah "jual beli radio" dan isinya pun memang yang utama adalah jual beli radio. Jadi untuk membuat website maka sebaiknya kita tentukan dulu target situs pengunjung tersebut untuk apa ? untuk siapa? tema nya apa? lebih spesifik lebih baik.

  


Kemudian kita perhatikan juga cara penulisan dari artikel yang kita tulis, untuk menulis artikel pastikan terbagi menjadi beberapa paragraf, jangan sampai membuat artikel yang bahasa kampung saya "nggedimbel" jadi yang harusnya dibagi menjadi 6 paragraf malah dijadikan satu, nah ini akan membuat para pembaca menjadi jenuh sekaligus kesusahan untuk membaca.

Usahakan juga situs yang kita bangun berisi konten yang memang sesuai dengan pengalaman kita tentunya, maka ada nasihat buatlah situs sesuai dengan pengalaman dan kesenangan kita, usahakan yang kita tuliskan di situs memang kita sudah benar-benar paham apa yang kita tuliskan dan sesuai dengan pengalaman kita , lebih expert lebih baik , ini berfungsi untuk membangun kredibilitas dari artikel yang kita tulis, apalagi jika ada banyak komentar yang datang ke situs kita , pastinya kita akan mudah untuk memberikan feedback yang baik kepada pengunjung karena memang hal yang kita tuliskan adalah hal yang sama-sama disenangi baik dari penulis konten maupun dari pengunjung.

Karena situs yang kita bangun mempunyai target "kata kunci" tertentu dalam artian mempunyai konten yang khusus maka harusnya konten yang kita bangun antara satu artikel dengan artikel lainnya saling berhubungan. Seperti sebuah "daftar isi". Sehingga kita dapat menempatkan link artikel yang lain di dalam artikel lainnya yang membuat pengunjung semakin mudah untuk menemukan istilah yang mungkin tidak terdapat dalam artikel tersebut namun terdapat dalam artikel lainnya.

Jangan lupa juga gunakan email marketing, karena dengan email tersebut akan menjaga penunjung tetap update dengan konten di situs Anda . 

Semakin akrab kita dengan pengunjung maka semakin betah pula pengunjung balik lagi ke situs kita, maka sebaiknya kita kenali betul siapa pengunjung situs kita, ini dapat kita lakukan dengan berbagai cara diantaranya melalui "market research" yang mungkin akan saya jabarkan pada artikel yang lain, singkatnya ini adalah metode  untuk mencari target pengunjung yang terbanyak dengan kata kunci tertentu. dan masih banyak lagi metode yang lainnya.

Buat Konten yang unik, artinya kita harus dapat membuat konten yang belum siapapun membuat konten seperti yang kita buat sehingga kita merupakan satu-satunya sumber yang menyediakan konten tersebut yang akhirnya setiap  pencarian di mesin  pencari yang sesuai dengan kata kunci yang kita bangun akan mengarahkan pada situs kita. Buat juga judul yang unik.

Pastikan pengunjung mendapat pengalaman terbaik dari situs kita artinya kita harus menyediakan antar muka yang baik sehingga situs kita mampu ditampilkan dengan baik pada berbagai perangkat seperti perangkat mobile, komputer desktop , tablet atau handphone, sehingga memudahkan pengunjung untuk bernavigasi di situs kita, dan harapan kita mereka akan berkunjung kembali ke situs kita.

No comments:

Post a Comment