Wednesday, 21 October 2015

Aktif bergerak membuat badan menjadi sehat

Ada beberapa jenis pekerjaan yang menuntut kita untuk selalu berada dalam posisi duduk dan tanpa perlu bergerak seperti seorang operator komputer atau seorang yang bekerja menggunakan komputer seperti seorang programmer ataupun designer. Memang pekerjaan ini adalah pekerjaan yang bersih, tidak menuntut banyak tenaga tapi justru disinilah bagian yang saya pribadi tidak terlalu menyukai dengan pekerjaan yang menuntut untuk banyak duduk.

Pada dasarnya tubuh manusia itu di desain untuk dapat bergerak bebas, namun seiring perkembangan jaman maka fungsi tersebut lama kelamaan terkikis, bahkan tidak jarang kita punya kaki tidak kita manfaatkan sedemikian baik dan kalau perlu dari rumah kita naik motor dan motornya kalau bisa parkir di samping meja kantor tanpa perlu jalan kaki dari tempat parkir menuju ruang kantor.

Oleh karena kurangnya gerak tersebut maka bisa jadi perubahan postur tubuh kita mungkin menjadi  sedikit bungkuk atau karena otot kurang terlatih membuat otot-otot tersebut tidak berkembang dengan baik dan menjadi kecil atau sebalikya malah membuat tubuh menumpuk banyak lemak karena kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih besar daripada yang keluar sehingga tubuh menimbun banyak kalori sehingga dapat menimbulkan terjadinya obesitas.

Nah menurut penelitian dari beberapa artikel yang saya baca ternyata banyak duduk dan kurang gerak dapat menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan , saya tidak menyebutkan bagian tubuh atau organ mana saja yang dapat tidak berfungsi secara normal akibat terlalu banyak dalam posisi yang sama karena setiap kondisi seseorang itu berbeda beda sehingga gejalanya dapat berbeda untuk setiap orang selain itu karena tubuh kita merupakan suatu sistem kesatuan maka kalau ada organ yang tidak berfungsi baik maka tentu akan mempengaruhi kinerja organ lain sehingga tidak berfungsi secara optimal.

Sebagai seorang yang bekerja dengan banyak posisi duduk maka dianjurkan agar melalukan peregangan setidaknya setiap 20 menit sekali entah itu hanya jalan-jalan ke kamar mandi atau pun sekedar mengolet (bahasa indonesianya apa ya?? )  sehingga dapat memperlancar kembali peredaran darah, selain itu juga karena kurang gerak ini mungkin dapat menimbulkan napas menjadi pendek pendek dan inilah yang biasa menyebabkan orang sering lelah maka sesekali kita boleh mengambil napas panjang untuk mengatur kembali napas kita agar menarik lebih banyak oksigen sehingga tubuh menjadi segar kembali.

Dan satu lagi jangan lupa untuk banyak minum air putih setidaknya 8 gelas perhari atau sekitar 2 liter perhari. Apalagi untuk yang bekerja di ruangan berAC dan terlalu asyik masuk ke dalam pekerjaan nya sehingga lupa untuk minum karena ruangan sudah terasa dingin.

Demikian semoga bermanfaat, dan salam sehat untuk semua.

No comments:

Post a Comment