Tuesday, 20 October 2015

Begadang Jangan Begadang

Agan-agan pasti pernah yang namanya begadang, entah itu karena tidak bisa tidur (insomnia) atau karena lagi ada acara televisi yang bagus, ngerjain skripsi atau sedang iseng nongkrong nongkrong bareng temen, atau yang lainnya. Tapi yang pasti begadang itu memang tidak baik , seperti lagunya Bang Haji Rhoma Irama ya , begadang jangan begadang kalau tiada artinya begadang boleh saja a a a  kalau ada perlunya dst, begitulah.

Efek begadang ini sangat tidak baik, karena normalnya manusia itu tidur di malam hari, dan tidur di siang hari ,  ya iyalah secara kita khan bukan kalelawar. hahahhah . Tapi ada juga lho yang malam jadi siang, siang jadi malam karena pekerjaan seseorang itu sekarang bermacam-macam. dan menurut beberapa sumber yang saya baca boleh saja begadang asal jangan sering dan siangnya kudu diganti buat tidur nya yang penting sekitar 7-8 jam dalam sehari. Ini biasa berlaku bagi seseorang yang dapat shift kerja malam.

Tapi tidur yang baik ya harus malam hari, karena menurut informasi yang saya baca walaupun tidurnya diganti siang walaupun sama-sama 7-8 jam tetap saja belum bisa menggantikan tidur malam, karena apa???? karena saat kita tidur malam tubuh kita melakukan recovery untuk memulihkan sel-sel tubuh yang rusak untuk menggantikan dengan sel yang baru dan untuk mengeluarkan toksin/racun yang terdapat dalam tubuh, dan ada waktunya sendiri-sendri lho.

Maka baiknya untuk waktu tidur yang baik adalah dibawah jam 12 malam, kalau bisa biasakan setiap pukul 21.00 kita sudah berada di atas tempat tidur. biar tubuh kita bisa beristirahat dan bekerja secara maksimal.
Pernah to waktu bangun bukannya seger malah badang berasa kayak habis digebukin, pegel-pegel. dan rasanya masih ngantuk. Nah ini bisa terjadi karena tidur kita kurang nyenyak.

Tapi sekali lagi begadang jangan begadang. hehehe. .. Pernah ada cerita di negeri China kalau gak salah karena tanggung jawab kerja karena di sana orangnya khan disiplin disiplin nggak kayak saya.. hahahaha... pengen tidur langsung merem aja. Nah orang itu tu katanya tiga hari tiga malam gak tidur tiduran dan bekerja ngelembur. Lalu apa yang terjadi akhirnya dia meninggal . nggak tau tuh sebabnya apa??

Dan kalau agan suka begadang juga paginya jangan langsung mandi, karena pas agan habis begadang pasti paginya tubuh terasa panas. bener ya??? Nah asumsi saya ini kayak agan punya botol kaleng bekas yang panas terus di cemplungin ke dalam  air dingin , apa yang terjadi?? pasti ringsek tuh kaleng. Nah biar tubuh agan gak kaget, kalau mandi habis begadang pakai air anget aja, atau paling bagus tunggu sampai suhu tubuh normal baru agan mandi.

Satu lagi yang paling saya gak suka kalau begadang, biasanya kepala suka kliyeng dan paginya tidak bisa  maksimal dalam beraktifitas, terus lama-lama kulit kayak berubah jadi kuning, nah kalau ini cukup dengan berjemur di bawah matahari pagi di bawah jam 9 pagi kalau bisa karena berjemur dibawah matahari pagi baik untuk kesehatan kita.

itu sekedar informasi untuk pengingat saya pribadi, juga semoga bermanfaat untuk agan-agan.

No comments:

Post a Comment