Friday, 23 October 2015

Gaji Pertama ku Guru Swasta

Setelah empat tahun kuliah di jurusan sistem informasi, akhirnya gue di wisuda gan, terus apa masalahnya ?? hahaha  . . ..  bukan masalah wisudanya, kalau di wisuda sih asik asik aja, tapi masalahnya habis kuliah itu gak ada kegiatan, niat sih mau lanjutin S2 tapi duitnya gan harus nabung dulu, ambil napas dikit biar duitnya ngumpul.

Akhirnya gue nekad daripada nganggur gak jelas iseng-iseng taruh lamaran kerja di sebuah SMK jurusan TKJ, bukan Tes Kesehatan Jasmani lho gan tapi Teknik Komputer Jaringan, hahahaha. apalagi nih. Sama gue coba melamar di salah satu perusahaan Rokok terbesar di kota Kudus, namun akhirnya yang dipanggil duluan yang menjadi tenaga pengajar di SMK gan.

Gue kira pakai di tes tes gimana gitu ternyata gak pakai tes dan langsung aja di suruh masuk kelas ngajar murid murid, gile nih gan secara gue gak pernah di ajari ngajar, yang ada dulu pas kuliah cuma di ajari koding koding dan koding itupun belajar sendiri karena cuma di kasih tugas tugas dan tugas. Dan mengajar itu menurut saya bukan asal-asalan mengajar tapi harus paham psikologi anak, bagaimana cara kita bicara, body language dan lain-lain.

Pertama mengajar agak grogi gan, untuk bicara di depan kelas masih canggung , ngomongnya masih blibet tapi lama lama terbiasa, dan sudah lancar dengan sendirinya. Namun bulan pertama mengajar tiba-tiba dapat telepon undangan dari sebuah Pabrik Rokok di Kudus tapi saya ingat omongan ortu gue gan , kalau kerja harus ditekuni dulu, kalau sudah di satu tempat ya jangan pindah pindah dulu, akhirnya gue tolak tuh panggilan di pabrik rokok. Padahal kata temen gue yang di pabrik rokok itu dulu dia lulusan SMK gajinya waktu itu udah 3 jt gan. gak tau kalau sekarang.

Sekarang tinggal gue nih sebagai seorang guru, kayaknya lumayan nih dapet gaji, karena gue rasa udah satu bulan mengajar perhitungan gue nih gan, gaji gue ngajar itu 15 ribu per jam . dan gue karena merupakan pengajar baru jadi di kasih jam agak dikit. gue dapat 32 jam mengajar setiap minggu. dan perhitungan pertama gue waktu itu begini.

1 bulan = 4 minggu.
1 Minggu = 32 jam ngajar
jadi sebulan = 32 x 4 = 128
sehingga gaji bulan pertama saya perkirakan 128 x 15 ribu ( karena perjam 15rb) = 1.920.000
Mayan gan dapet hampir 2 juta. . ..  kwkwkwkwk

Gue girang banget tuh gan mengajar karena pikir gue tuh gajinya segitu, ngajar nya enak sama anak anak, santai lagi. Tapi kenyataan gak begitu gan, gue shock waktu pertama terima gaji. di dalam amplop, udah seneng seneng tapi pas saya buka cuma sekitar Rp 500. 000 . TER - LA - LUU !!!

Itu mungkin salah rumus ngitungnya pikir gue, akhirnya gue konfirmasi sama temen ane yang ngajar di sana juga, dan ternyata memang gajinya seperti itu. walaahahhahahah . . .. . ... .

Jadi yang bener perhitungannya itu begini gan. yang di hitung itu cuma gaji minggu pertama saja kalau gak salah. jadi itungannya

32 (jam ngajar perminggu ) x 15 ribu = Rp 480.000 <-- ini gan yang benar .

Begitu kalau gak salah, yah gpp lah . tapi itu menurut gue gaji pertama yang gue terima barokah bener, bisa buat beli apa aja tuh duit segitu dan mikirnya gak macem-macem , gak pengen beli ini itu. Bener gan rasanya tuh adem banget walau gaji cuma segitu.

Tapi untunglah gue dapat kerja lagi di sekolah lain, dan akhirnya gue ngajar di dua sekolahan , dan itu bener capek banget, karena ngajar dari pagi sampai sore, malamnya masih lembur bikin soal buat tuga, koreksi dan  lain-lain. ahhahaha. .  udah dulu banyak bener ceritanya. yah semoga bermanfaat aje buat semua, sedikit share pengalaman ni gan.

No comments:

Post a Comment