Friday, 30 October 2015

Mari Lestarikan Hutan Kita

Ahir-akhir ini banyak berita mengenai kebakaran hutan di beberapa daerah di Indonesia melalui berbagai media membuat saya prihatin, namun keprihatinan saya hanyalah keprihatinan karena sampai saat ini saya belum dapat memberikan kontribusi yang significant sehingga hanya dapat memberikan komentar seperti melalui artikel di blog ini misalnya.

Saya juga kurang paham apakah penyebab kebakaran hutan tersebut akibat ulah kesengajaan oknum tertentu yang memang memanfaatkan waktu yang tepat seperti dimusim kemarau ini misalnya sehingga gampang untuk menyalakan api ataukah memang hal yang alamiah karena di musim kemarau ini kecenderungan cuaca di tahun ini terasa lebih panas dari tahun-tahun sebelumnya.

Kalaupun seandainya memang ada oknum yang sengaja membakar hutan hanya demi uang saya rasa itu bukan hal yang masuk akal. Karena mengingat efeknya yang terlalu luas yang tidak dapat digantikan dengan materi menurut saya karena banyak masyarakat yang terkena dampaknya sehingga banyak aktifitas yang terganggu karena kabut asap akibat dari kebakaran hutan.

Belum lagi terganggunya ekosistem dari flora dan fauna yang berada di hutan tersebut karena hutan tersebut merupakan rumah bagi banyak tumbuhan serta hewan yang selayaknya kita lestarikan demi keseimbangan alam kita agar berjalan dengan sebagaimana mestinya.

Tentu tak terbayang jika keberadaan hutan semakin terkikis akibat keserakahan tangan manusia karena mengingat hutan mempunyai peranan yang begitu penting untuk keberlangsungan hidup makhluk hidup seperti menyaring udara akibat berbagai macam polusi yang dihasilkan oleh pabrik-pabrik / mesin-mesin ciptaan manusia sehingga menjamin akan kesegaran udara di bumi ataupun menampung air sehingga di saat kemaraupun kita tidak kekurangan air.

selain itu banyak hal yang dapat kita peroleh dari hutan diantaranya kayu serta berbagai macam tanaman obat, hewan-hewan yang tidak mungkin kita temukan di perkotaan ataupun sebagai salah satu sarana wisata jika memungkinkan tanpa harus merusak tatanan hutan yang mestinya patut dilestarikan.

Saya berharap generasi selanjutnya nanti anak-anak kita masih dapat melihat hutan bukan hanya dari album photo tanpa pernah melihat hutan yang sesungguhnya tapi melihat hutan yang sesungguhnya tentunya dari sekarang mari kita bersama saling bahu-membahu untuk menjaga kelestarian hutan.

Semoga artikel ini menambah motivasi kita bersama untuk melestarikan hutan.

No comments:

Post a Comment