Thursday, 15 October 2015

UBAH KATA-KATAMU,UBAH DUNIAMU!

Pernah saya berangkat kuliah, dari rumah jam nya sudah saya pas-pasin, dan estimasi perjalanan dari rumah sampai kampus kira-kira 4 jam, memang kampus nya jauh di luar kota, ternyata apa yang terjadi? di luar dugaan, jalanan macet karena berbenturan dengan jam anak-anak yang berangkat ke sekolah. Kemudian saya teriak BRE*GS*K!!! dll  dan marah-marah diatas kendaraan. Tapi apa yang terjadi? dengan saya marah-marah tersebut ternyata saya tidak dapat merubah apapun dan dengan marah kemacetan pun tidak akan terurai dan tetap macet. Jadi energi terbuang sia-sia dengan marah-marah. Dan sampai di kampus pun aura nya serba menjadi tidak nyaman. Inilah efek dari kata-kata.

Kata-kata juga bisa memotivasi / menghancurkan anak-anak kita, anak buah kita, dll. So, be careful with your words! . Lalu Bagaimana Tips Agar Kita Lebih Bagus Dalam Berkata-kata?
1. Ubah kalimat negatifmu!
2. kata “Aku nggak bisa”, atau “Mungkin” atau “Kayak”…kalimat itu konotasinya nggak niat!
3. Hilangkan kata “benci” dari kosa katamu!
4. Mulai dan akhiri surat ataupun emailmu dengan kata positif, contoh : “Cheer”, “antusias!”
5. Mulai dan akhiri setiap harimu dengan kata yang positif! Kalau perlu mulai harimu, dengan teriakan semangat! 

Ada juga sebuah cerita seorang anak yang tidak pandai dalam pelajaran matematika pada waktu sekolah, dan dia itu selalu di marahi gurunya ketika tidak bisa mengerjakan soal matematikan, dan di teriakin bodoh bodoh bodoh sambil di pukul-pukul kepalanya dengan buku oleh gurunya. Dan apa yang terjadi? saat dia sudah dewasa dan mempunyai bisnis di bidang perdagangan, dan saat menghadapi masalah itung-itungan dia selalu merasakan nyeri kepala karena trauma dengan kata-kata yang diucapkan oleh gurunya sehingga masuk ke dalam pikiran secara lebih dalam dan mempengaruhi alam bawah sadarnya. Maka tugas kita sebagai seorang guru adalah memberikan motivasi bukannya memberikan kata-kata yang tidak baik.

Dan coba pikirkan bagaimana kalimat kalimat bisa mempengaruhi kita dengan luar biasa, coba bedakan "ini mustahil untuk dilakukan" dengan "ini belum bisa dilakukan". Ini sudah mempunyai makna yang luar biasa berpengaruh dalam reaksi kita ke depannya. Makannya Change your words, change your world!. coba bedakan "Ini mungkin, tapi susah" atau "ini susah, tapi mungkin". "Oh God, I have a big problem!" atau "Oh Problem, I have a big God!"

Ketika kamu mengalami suatu pristiwa atau kejadian yang buruk dalam  hidupmu, apakah kalimat yang  seringkali kamu ucapkan kepada dirimu untuk menyemangatimu? karena Kata bisa memotivasi, kata bisa menginspirasi, tapi kata juga bisa menghancurkan! Hat-hati dengan kata-katamu!  

Kemudian pernah ada Bapak-bapak yang bertanya kepada saya “Apa hal paling penting untuk mengubah hidup saya yang kacau?”. Dan coba perhatikan ada kata "kacau di situ" maka ini adalah kata-kata yang bermakna negatif dan Saranku: UBAHLAH CARA KAMU BERKATA-KATA!  karena Tanpa sadar pikiran kita menjadi keinginan kita. Hidup adalah seperti sebuah restoran, dimana Anda melakukan order & order kita didengarkan oleh Tuhan! Seperti apakah order kita?

No comments:

Post a Comment