Thursday, 5 November 2015

Honda CB 100 K5 ku

Sekarang banyak jenis sepeda motor, salah satunya motor kopling, ini yang paling saya suka karena sepenuhnya kendali sepeda motor ada di pengendara, serta dapat membuat pengendara lebih aktif sehingga tidak mudah mengantuk saat mengemudi.

Sepeda motor kopling yang saya miliki adalah Honda CB 100 K5, motor ini dibuat kalau gak salah sekitar tahun 1980 an, jauh sebelum saya lahir motor ini sudah lahir duluan, hehehe . . . kesenangan terhadap motor ini semakin menjadi sejak ada motor sejenis yang tampil di film-film diantaranya film Spiderman, dan adit, sopo dan jarwo.

Untuk perawatan sepeda motor ini tergolong tidak ribet karena merupakan jenis motor 4 tak sehingga hanya perlu mengontrol oli mesin jangan sampai terlalu lama dipakai biar mesin tetep awet. Selain itu motor ini juga ramah lingkungan karena gas buang tidak terlalu banyak asap.

Kemudian dari segi bahan bakar juga tergolong motor yang sangat irit mengingat hanya 100 cc, sehingga dapat berhemat untuk alokasi dana pembelian bahan bakar, untuk punya saya sendiri tanki bensi lebih kurang muat 15 liter, untuk punya saya bensin segini bisa buat satu bulan karena jarang saya pakai.

Selain itu bentuk nya yang unik dan sudah tidak diproduksi lagi sehingga membuat motor ini tampak antik, apalagi sehabis di cuci tampak kinclong mengkilap, yang saya suka walaupun ini motor tua tapi setiap saya bawa ke pasar atau kemana banyak orang yang mendekati hanya sekedar bertanya-tanya tentang ini motor, bahkan ada yang menawar nawar.

Tapi motor ini sudah lama tidak diperpanjang pajaknya, juga tidak ada lampu sein nya sehingga tidak dapat saya gunakan ke kota walaupun kadang-kadang suka nyolong-nyolong untuk saya bawa ke kota, tapi tidak terlalu sering, lebih banyak pergi untuk bersantai pas jalanan tidak terlalu ramai karena ini motor tua jadi bawanya pelan-pelan, sebenarnya kenceng juga bisa tapi asikan pelan santai sambil menikmati pemandangan.

Suaranya juga unik tidak seperti sepeda motor sekarang yang halus, motor ini mempunyai tingkat kebisingan yang tergolong tinggi tapi justru ini yang membuat unik, sehingga mempunyai ciri khas, bahkan ketika motor ini dari jauh sudah dapat ditebak bahwa ini adalah motor saya.

Walaupun motor tua tapi untuk tanjakan tidak ada kendala, masih kuat untuk naik ke gunung muria.

No comments:

Post a Comment