Tuesday, 3 November 2015

Meditasi sebagai obat penenang

Memang kehidupan itu kadang tidak seperti yang kita bayangkan, kita maunya jalan kesana eh gak taunya terdampar di sini. Itulah mengapa kita harus dapat mengatur naik turunnya expectasi kita terhadap apa yang kita inginkan sehingga tidak terlalu kecewa sewaktu-waktu harapan tidak sesuai dengan keinginan.

Oleh karena di zaman yang serba maju ini maka kita perlu yang namanya manajemen stress, kenapa? karena semakin banyak kebutuhan hidup yang harus terpenuhi serta hal lain yang membutuhkan banyak pemikiran sehingga membebani pikiran. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk meredakan atau menghilangkan kegalauan diantaranya dengan refreshing atau jalan-jalan dan masih banyak cara lain tentunya disesuaikan dengan yang paling cocok untuk Anda masing-masing.

Namun kali ini saya berbagi bagaimana merefreshkan pikiran karena ibarat komputer perlu di refresh biar keadaan segar kembali dan saya akan membahas tentang meditasi, Dan perlu diketahui bahwa meditasi disini tidak berkaitan dengan ajaran agama manapun.

Meditasi menurut saya adalah suatu hal yang dapat membuat pikiran terpusat pada satu titik fokus tertentu sehingga pikiran tidak terbebani dengan berbagai hal yang rumit seperti kerjaan, konflik dll dengan kata lain pikiran dialihkan untuk sementara waktu.

Banyak cara untuk melakukan meditasi , ada yang dengan duduk sambil memejamkan mata, berbaring, bahkan berdiri, atau dengan bersepeda, jalan santai. yang terpenting pikiran kita fokus pada satu irama tertentu misal langkah kaki, ayunan sepeda, keluar masuk napas dll yang iramanya beraturan.

Kegiatan menenangkan pikiran ini dapat dilakukan dimanapun disesuaikan dengan pribadi masing-masing kalau bisa pilihlah tempat yang nyaman serta tidak banyak gangguan. Meditasi ini menurut saya cara yang lebih baik dibandingkan dengan meminum obat  penenang karena mengingat efek samping yang ditimbulkan dari obat penenang.

Kadang saat bermeditasi ada saja pikiran yang lewat namun Anda jangan ikut terlibat pada pikiran tersebut sebaliknya biarkan saja pikiran tersebut lewat karena dia hanya numpang lewat dan akan pergi dengan sendirinya dan fokuslah kembali pada kegiatan yang Anda lakukan.

Lalu apa manfaat meditasi untuk kita? manfaatnya tentu banyak sekali diantaranya untuk kesehatan karena fungsi tubuh kita tidak lepas dari yang namanya pikiran karena dari sinilah pusat kendali pada tubuh kita, kalau kita bisa mengendalikan pikiran maka kita dapat melakukan apapun yang kita inginkan. Demikian sedikit tentang meditasi, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment