Tuesday, 17 November 2015

Too Many Connections Shared Hosting

Membuat website memang mengasikan walaupun kadang terlihat rumit dan tidak jarang bikin stress sampai lupa mandi lupa makan tapi justru disitulah yang asik, untuk seorang web designer dapat menghabiskan waktu berjam jam walaupun hanya sekedar bermain pada tampilan web site karena disini diperlukan seni untuk membuat website memancarkan suasana sesuai tema yang diinginkan.

Namu ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan untuk membuat website, seperti tampilan , pemilihan nama domain, keamanan kode serta kecepatan akses dari suatu web sehingga orang dapat nyaman berlama-lama berselancar di dalam website yang kita bangun.

Untuk kecepatan website tentunya kita harus perhatikan karena ini merupakan elemen yang penting jadi kita harus memilih server yang tepat untuk meletakkan file-file website kita sehingga mudah diakses baik dari perangkat smartphone maupun dari perangkat komputer dan juga untuk ukuran gambar di usahakan untuk seringan-ringannya agar menghemat bandwith baik dari website maupun pengguna.

Untuk server juga perlu diperhatikan apakah shared hosting ataukah VPS atau dedicated server, kalau saya sendiri saat ini masih menggunakan shared hosting karena keterbatasan biaya operasional itupun saya harus membeli balance paypal dulu untuk kemudian saya belanjakan dengan space dari penyedia jasa shared hosting.

Sebenernya untuk situs saya masih mumpuni dalam mengggunakan shared hosting namun perlu diketahui bahwa shared hosting itu adalah ibarat kita menyewa kamar di sebuat kost kostan jadi itu satu rumah kemudian mempunyai banyak kamar dan kita menyewa satu kamar, dan apa yang terjadi ketika karena banyak penghuni saat kehabisan air untuk mandi sehingga kita semua penghuni juga merasakan efek akibat tidak adanya air tersebut.

Sama juga seperti situs yang saya kelola baru-baru ini mengalami masalah di dalam koneksi databasenya, karena setelah saya trace dari ip server yang ditempati file saya ternyat server tersebut di tempati oleh lebih kurang 350 domain, bayangkan bagaimana padatnya lalu lintas dari dan menuju server tersebut padahal dari domain-domain tersebut ada yang berpage-rank 0, 1, 2 , 3 dan bervariasi.

Disini saya capture error yang terjadi ketika database mengalami masalah karena terlalu banyak koneksi ke database tersebut dan sebagian penghuni server merasakan dampaknya.

Yang kurang lebih maksud dari error error tersebut adalah sama tergantung dari platform aplikasi yang digunakan, dan sebenernya saya bisa komplain namun saya lagi malas karena servernya berada di US sehingga harus menggunakan bahasa yang saya belum lancar, jadi saya biarkan dan ini tentu juga tidak baik karena kalau tiba-tiba ada robot crawler yang datang sehingga website tidak dapat terekam dengan baik, atau kalau ada pengunjung yang datang tentu akan membuang kesempatan yang baik tersebut.

Sekian semoga bermanfaat, dan kalau ada budget baiknya saya sarankan menggunakan dedicated server server saja atau kalau tidak mau repot bisa menggunakan blogspot atau yang lain, dan dijamin keamanan serta kelancaran aksesnya. oke....

No comments:

Post a Comment