Monday, 16 November 2015

Modem Internet dengan NOKIA 2280i

Dulu akses internet mahal, sekitar tahun 2007 an saya kalau mau internetan harus ke warnet, pemilik modem internet juga masih jarang, sampai-sampai saya setiap hari minggu pas libur kuliah saya selalu ke warnet ambil paketan yang 4 jam karena kalau ambil paketan biaya internet nya lebih murah, penjaga warnetpun sampai hapal dengan saya dan menjadi akrab, selain itu setiap ke warnet saya harus sedia flashdisk dalam ukuran besar karena saya ke warnet bukan untuk membaca tapi untuk download materi ataupun file apapun itu yang penting di warnet itu download download dan download, untuk bacanya saya bisa pakai komputer di rumah.

Karena dulu saya masih cupu dan belum tahu bahwa komputer klien di warnet itu bisa di kontrol dan di pantau lewat komputer server maka dengan wajah yang bloon saya menginstal bermacam-macam aplikasi untuk download dan saya selalu ada cara ketika aplikasi tersebut di blokir tapi saya tidak tahu kalau itu di blokir karena masih ilmu komputer saya masih pemula waktu itu sehingga kadang bandwith internetnya pun dibatesi tapi saya juga tidak tahu dan masih menjalankan berbagai aplikasi download.

Nah karena kadang juga saya perlu untuk membuka internet di rumah hanya sekedar untuk mencari artikel, maka saya pikir-pikir untuk membeli modem tapi harga modem waktu itu masih sangat mahal sekali, sehingga saya mencari cara biar bisa konek internet, nah setelah saya cari informasi di internet saya menemukan artikel bahwa hp CDMA NOKIA 2280i dapat digunakan untuk mengkoneksikan komputer dengan internet walaupun aslinya di menu nokia tersebut tidak ada browser atau pilihan untuk koneksi internet tapi kita bisa menggunakan kabel data untuk mendial up koneksi internet sehingga komputer kita tersambung dengan jaringan.

Waktu itu saya beli NOKIA 2280I seharga 150 rb dalam kondisi bekas dan beserta kartu perdananya yaitu indosat, dan sayapun mencari  yang jual kabel data internet untuk hp tersebut ke toko komputer dan akhirnya saya menemukan yang jual kabel data tersebut di sebuah toko komputer di kota kudus.

Tapi saya masih belum tahu bagaimana cara mendial up koneksi internet melalui hp dan komputer dengan nokia cdma 2280i, sayapun browsing-browsing lagi melalui hp saya yang satu nokia 6070 karena di hp tersebut sudah ada browser untuk sekedar browsing dan taraaaaaaaa . . . .  komputer pun bisa terkoneksi internet tapi saya sekarang lupa bagaimana cara mengkoneksikan hp tersebut tapi sampai sekarang hp tersebut masih utuh dan 100% dapat digunakan, tapi saya museumkan biar ntar anak cucu saya tahu ya ada hp yang kerena kayak gini, ada antenanya lagi, xixixiii ini  hp apa HT. hahhaha

Setelah saya tahu cara mengkoneksikan hp tersebut ternyata ada lagi masalahnya yaitu sinyal jaringan CDMA di kampung saya jelek sekali, di hp hanya menunjukan 1 bar atau kalau bagus 2 bar, itupun harus mencari lokasi yang cocok sambil menenteng laptop ke sana kemari kayak kucing mau beranak.

Untuk browsing harus mempunyai kesabaran  yang tinggi karena kadang koneksi putus nyambung dan harus mendial ulang, kecepatan datanya pun terbatas karena internet masih mahal, jadi sangat lelet sekali, tapi saya sudah senang karena sudah ada koneksi internet di rumah jadi keren menurut saya.

Karena sering digunakan untuk modem baterai dari hp tersebut sampai melembung dan kalaupun dibelikan yang baru suka ngedrop karena sambil di charge sambil digunakan untuk modem, tapi sampai sekarang saya masih senang dengan nada dering dari hp tersebut, terdengar klasik, tapi tidak saya gunakan untuk menelepon karena biaya untuk kartu cdma mahal serta jaringan juga tidak mendukung sehingga kurang dapat diandalkan jadi biarkan untuk menjadi koleksi, silakan kalau ada yang mau menawar, karena ini hp antik sudah tidak di produksi lagi sekarang.

No comments:

Post a Comment