Friday, 4 December 2015

Mengapa harus ada peperangan?

Sedikit curhat nih, saya ngeri melihat pemberitaan di berbagai media sekarang ini, ada yang sampai bunuh-bunuhan antar pribadi bahkan antar negara, dan megapa harus ada peperangan?, bukankah hidup ini indah jika semua berdamai.

Tentu ada berbagai motif di balik peperangan yang terjadi, ada yang karena harga diri maupun karena perebutan kekuasaan atau berbagai motif lainnya, namun tidak adakah jalan lain selain harus berperang? karena saya yakin banyak dampak yang ditimbulkan dari adanya peperangan tersebut.

kalau saya sendiri belum pernah berada di daerah konflik seperti itu, namun coba bayangkan kita pergi ke kantor tiba-tiba ada granat mampir di  atas mobil, dan  hal ini tentu tidak lucu bukan? atau kita lagi asik makan sama keluarga kemudian ada yang menggunakan auto fokus dari pesawat tempur dan tepat mengarah ke meja makan kita ini bukan kamera dslr tapi untuk mengarahkan  rudal sehingga tepat ke sasaran.

belum lagi akibat psikologis dari anak-anak yang berada di daerah konflik, dan ini menjadi semacam trauma mungkin ketika mereka dewasa, atau mempengaruhi pola tindakan mereka nantinya.

Cobalah seandainya kita bayangkan saja di lingkup yang terdekat misal antar tetangga kita saling bantu membantu, jika kita punya kelebihan makanan, bagilah dengan tetangga, atau jika tetangga butuh sesuatu kita dapat memberikan selagi kebutuhan kita sendiri masih tercukupi, dan tentu ini malah akan menjadi bekal kita kelak di kehidupan yang selanjutnya, karena kita tahu uang tidak dibawa mati, yang dibawa hanyalah amal-amal kita.

Kalau punya motor, daripada motor kita di curi orang, lebih baik kalau ada yang mau pinjam, kita pinjamkan saja,  memang hukum alam ini kadang ada yang tidak sesuai dengan rumus matematika, coba kita lihat orang yang kita pinjamkan sepeda motor tersenyum bahagia, tentu ini juga akan membuat kita bahagia juga, karena alam ini ibarat cermin dia memantulkan kembali apa yang kita pancarkan.

Namun ternyata mengurai masalah peperangan tidak sesederhana yang saya bayangkan, karena saya coba menuliskan apa pengetahuan saya tentang peperangan melalui artikel ini ternyata ruang lingkupnya terlalu besar dan berbanding terbalik dengan pengetahuan yang saya miliki.

Namun yang pasti setiap orang pasti tidak suka dengan yang namanya peperangan. dan semoga dengan artikel ini mampu mewakili ketidaksetujuan saya terhadap peperangan, dan saya berharap mampu meredam terjadinya peperangan.

No comments:

Post a Comment