Wednesday, 13 January 2016

Aplikasi Bluestacks bikin komputer panas

Diera saat ini setiap orang bebas melakukan jual beli, baik secara offline maupun online asalkan barang dagangan tersebut adalah legal sesuai peraturan pemerintah. Maka sekarang internet sudah dapat di akses dari mana saja , baik dari perangkat mobile maupun perangkat desktop, sehingga banyak toko online menjamur di internet.

Kebanyakan toko online ini hanya sekedar toko online, dan tidak jarang hanya menjadi sebuah pajangan di internet karena konten hanya di post saat awal website di buat dan makin ke depan makin tidak pernah update sehingga tidak jarang website tersebut tenggelam di  mesin pencari.

Kemudian juga karena jarang diupdate dan jarang ada pengunjung maka biasanya pemilik menjadi malas untuk membuka halaman administrasi produk karena produk mereka jarang ada yang beli sehingga fungsi website yang harus nya dapat menjadi sebuah aplikasi untuk berjual-beli menjadi sebuah aplikasi untuk iklan produk dan pastinya pemesanan kembali seperti manual dengan melalui pesawat telepon, wa, bbm, atau aplikasi lainnya via smartphone.

Nah karena banyak pedagang yang menggunakan media komunikasi tersebut maka saya sebagai seorang technopreneur ada saatnya menghubungi beberapa penyedia produk seperti mereka maka pastinya saya membutuhkan perangkat yang dapat mengakomodasi hal tersebut, namun tidak memungkinkan jika saya harus menggunakan perangkat mobile seperti smartphone mengingat banyaknya kontak yang harus di hubungi serta banyak mengirimkan pesat dengan jumlah banyak karakter sehingga membutuhkan perangkat seperti pc yang ada papan ketiknya.

Namun kebanyakan media komunikasi seperti wa, bbm, dll tidak tersedia untuk perangkat pc, dan sayapun mencari cara dengan mencari artikel di internat dan bahwa aplikasi tersebut dapat di jalankan di komputer namun menggunakan aplikasi emulator yang bernama "Bluestacks".

Lantas tidak beberapa lama setelah menemukan artikel tersebut, saya pun mengarahkan browser ke situs bluestacks dan mendownlod file instaler nya yang ternyata mempunyai ukuran lumayan besar yaitu sekitar 225 MB, dan di komputer saya memakan waktu sekitar 20 menit untuk mendownload karena menggunakan jaringan perangkat sellular.

Setelah file instaler terdownload di komputer, sayapun tidak sabar untuk menginstalnya dan karena partisi untuk sistem tinggal tersedia sekitar 20 GB , maka saya alihkan untuk mengarahkan file aplikasi ke partisi lain, dan menunggu sekitar beberapa menit menunggu sampai aplikasi selesai di install.

Tiba di finish proses instal dan terakhir ada check box " Open Bluestacks" saya centang dan aplikasipun menyala, tapi loadingnya lama, dan terdengar suara kipas laptop meraung-raung, dan saya raba di bagian bawah laptop panas sekali tidak seperti biasanya, tapi tidak sampai nge-hang, dan tidak sampai mati juga karena biasanya kalau laptop kepanasan mati sendiri, langsung saya matikan aplikasi tersebut biar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Mengingat kejadian tersebut, saya mengurungkan niat untuk bereksperiman dengan menginstal aplikasi chat di komputer melalui bluestacks dan tanpa berpikir panjang saya uninstall kembali aplikasi terseubut, dan saya bersihkan registry dari file sisa penginstalan agar file yang sudah tidak terpakai tidak memenuhi lokasi yang seharusnya dapat digunakan oleh aplikasi lain.

Demikian, jadi kesimpulannya jika mau menjalankan aplikasi ini pastikan perangkat komputer Anda mempunyai spesifikasi  yang mumpuni.

No comments:

Post a Comment