Saturday, 16 January 2016

Butuh server tingkat tinggi

Di indonesia banyak penyedia server hosting, banyak yang sudah saya coba, namun kebanyakan tidak mumpuni untuk melayani aplikasi web yang saya bangun, sudah sering kali pindah dari hosting yang satu ke yang lainnya yang pada akhirnya hanya taruh file, mencoba habis itu tak terpakai karena aplikasi web tidak dapat berjalan. dan hanya berdebat dengan teknisi  pengelola layanan.

Setelah sebelumnya pernah menjajal menggunakan webhost di hostgator, akhirnya di tahun 2015 kembali saya mengambil layanan webhosting, karena saya pikir aplikasi dapat berjalan di server ini, walaupun hanya sekelas webhosting, tapi lumayan.

Pada awal web dibangun tidak mengalami kendala yang berarti, namun juga sering dijumpai database terkunci akibat dari penggunaan server sercara beramai-ramai dan ada ratusan domain yang di arahkan ke server tersebut, belum lagi setiap site mempunyai jumlah pengunjung  yang berbeda-beda.

Namun baru berjalan beberapa bulan, di awal tahun 2016 ini , website mendapat peringatan dari penyedia layanan, dan tidak dapat mengakses halaman administrasi secara nyaman karena selalu muncul peringatan.


Dan ternyata saat ini webhosting tersebut sudah tidak mumpuni lagi untuk aplikasi web dan disarankan untuk pindah ke dedicated server, kalau tidak maka web akan di banned total, hingga akhirnya project terancam di tutup kembali, sambil mengumpulkan dana agar dapat menyewa level di atas webhost yaitu dedicated server.

Tapi kenyataan saya mengamati biaya dedicated server sangat mahal, yaitu sekitar 1,5 jt perbulan, dan ini belum mungkin untuk saya menyewanya saat ini. Dan project saya  nyatakan tutup, akhirnya domain di parkir kembali.

No comments:

Post a Comment