Friday, 8 January 2016

Mengobati burung dara/merpati yang sakit

Sobat, salah satu passion saya adalah memelihara berbagai macam hewan,  pokoknya hewan apa saja yang bisa dipelihara maka saya tertarik, salah satu hewan peliharaan saya adalah burung dara atau burung merpati yang harganya di tempat tinggal saya berkisar 50 rb an per pasang.

Burung ini adalah burung yang besar, jadi dapat di pegang, dan tidak seperti burung yang kecil yang kalau di pegang tiba-tiba lepas maka kalau udah terbang susah untuk menangkapnya kembali, justru burung dara ini kalau di lepas maka bisa kembali ke tempat tinggalnya.

Untuk burung dara ini kebanyakan di buatkan kandang di tembok samping rumah yang tempatnya agak tinggi dan tersembunyi sehingga jauh dari jangkauan orang untuk mengantisipasi terjadinya stress serta terganggunya burung tersebut akibat lalu lalang manusia.

Nah, minggu lalu dua burung dara yang saya miliki terserang penyakit, tiba-tiba tidak mau makan, dan hanya diam di dalam kandang. kemudian untuk kotorannya berwarna putih cair, serta nafsu makannya berkurang bahkan cenderung tidak mau makan.

Cara penanganannya adalah pisahkan burung dara yang sakit tersebut dari burung dara lainnya, agar penyakitnya tidak menular ke yang lain. karena burung dara ini tidak mau makan jadi jangan memaksanya untuk makan karena nantinya makanan tersebut tidak dapat cerna dan hanya berhenti di temboloknya saja.

Sebaliknya puasakan saja burung dara tersebut, selama 3 sampai 7 hari sampai dia mau makan dengan sendirinya. Jangan khawatir burung dara ini mati kelaparan karena mereka memiliki cadangan energi di dalam tubuhnya.

Maka setelah beberapa hari dipuasakan biasanya burung dara tersebut akan makan lahap dengan sendirinya, kemudian jika burung dara tersebut berada di dalam kandang yang tertutup, misal di kandang kawat, maka cobalah untuk melepaskannya biar dia bergerak bebas dan menemukan makanan  yang mereka inginkan, istilahnya biar mereka fresh kembali.

Seperti hal di atas yang saya lakukan dan burung dara tersebut kembali pulih seperti semula dan makan dengna lahap. semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment