Saturday, 6 February 2016

Bacalah bacalah dan bacalah

kurasan memang betul bahwa membaca adalah jendela dunia, dengan membaca kita dapat mengetahui apa yang belum kita ketahui, bahkan informasi yang berada jauh di seberang dapat terdeteksi dengan membaca. Saya sendiri mempunyai hobby membaca, apapun saya baca, apalagi kalau sedang menunggu atau waktu senggang pasti saya manfaatkan untuk membaca.

Sebelumnya saya tidak senang dengan membaca karena disekolah dulu selalu dicekokin dengan buku bacaan yang tidak sesuai dengna passion yang saya sukai, sehingga menimbulkan trauma secara psikis untuk membuat membaca menjadi sebuah kegiatan yang menarik.

Namun semakin kesini setelah lulus kuliah, saya dapat memilih apapun hal yang saya senangi, dan setiap informasi yang saya senangi hampir sebagian besar saya dapatkan dengan membaca, karena mengingat tidak banyak orang yang dapat saya mintai bantuan terkait dengan hobby saya sehingga saya harus selalu berhubungan dengan membaca, entah itu chat, atau mencari informasi di internet.

Kadang membaca menjadi hal yang horror, karena kadang untuk mengetahui sebuah cara untuk melakukan sesuatu terlalu teknis yang merupakan pengalaman baru sehingga diperlukan waktu pemahaman yang cukup lama untuk dapat menelaah dan dimengerti dengan melakukan beberapa buah contoh, dan ini kadang cukup meruntuhkan semangat untuk minat membaca.

Dalam membaca kadang juga ada bagian istilah yang tidak dapat dipahami dan tentu apalagi tidak ada guru yang dapat dimintai pertolongan segera, sehingga tidak jarang ada potongan bagian tertentu yang kehilangan makna, namun untuk mengantisipasi hal tersebut saya mempunyai trik yaitu terus saja membaca walaupun saat ini tidak mengerti apa maksud yang dibaca lanjutkan saja, karena suatu saat kalau tekun pada hal yang memang diyakini mempunyai manfaat tersebut maka akan menemukan istilah yang hilang tersebut.

Inilah yang menjadi motivasi saya bahwa membaca adalah merupakah hal yang positif, karena dapat menambah pengetahuan, rasa-rasanya banyak hal yang belum saya ketahui diluar sana. Sehingga membaca adalah hal yang tidak akan pernah habis.

Semakin banyak membaca malah akan membangkitkan pandangan kita bahwa kita adalah makhluk yang kecil yang tidak ada apa-apanya, bahwa cuma sebagian kecil dari ilmu pengetahuan yang kita dapatkan dari membaca, dan tentu tidak semuanya bisa kita dapatkan, mengingat keterbatasan ruang dan waktu di dunia ini.

Teruslah membaca, membaca, dan membaca karena ini akan sangat berguna baik untuk saat ini atau dimasa yang akan datang.

No comments:

Post a Comment