Saturday, 6 February 2016

Berani menghadapi perubahan

Zona kenyamanan adalah saat dimana Anda merasa nyaman, dan hal ini bisa saja membuat Anda terlena, sehingga melupakan apa yang dapat menjadi potensi lebih tinggi dari keadaan Anda di zona nyaman.

Berada di zona aman tentu bukan merupakan hal yang mengasikan bagi sebagian orang, apalagi menjalani rutinitas yang sama setiap hari, sehingga tidak ada tantangan yang mampu mentrigger atau menstimulasi suatu ide kreatifitas baru untuk menghadapi tantangan tersebut sehingga mampu menjadi atau membuat produk yang lebih baik dari yang tidak ada tantangan.

Kadang suatu tantangan atau sebuah konflik perlu dibuat pada suatu wilayah yang sedang tenang-tenang saja, untuk menginduksi agar terjadi revolusi atau perubahan yang melahirkan suatu hasil potensi yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan cara memberikan sesuatu yang membangkitkan energi untuk mencapai sebuah keadaan yang lebih baik.

Hal ini umum dilakukan pada sebuah organisasi untuk membuat sebuah perubahan pada suatu gelombang yang stagnan, maka dari itu saya ingin menyampaikan bahwa sebuah perubahan ataupun hal baru itu adalah bisa menjadi kabar baik dan Anda patut mencoba, dan kalaupun itu ternyata tidak menghasilkan sesuatu yang baik itu juga tidak apa-apa dan perlu mencoba hal yang baru lainnya.

Saya sendiri pernah merasakan terlalu asik menggunakan sebuah aplikasi  pengolah gambar, untuk mendesain sebuah rangkaian presentasi dari halaman situs, dan hal itu ternyata membuat saya mudah namun tidak berkembang, hal yang dihasilkan adalah seperti itu saja, tidak ada inovasi lain.

Dan ada sebuah teknologi baru saat ini, dan ternyata baru sebatas membaca tutorial nya saja bisa membuat seseorang bernyali ciut, karena membayangkan berapa sulitnya mengetikan sebuah code di sebuah terminal command line.

Namun setelah saya mencoba hal tersebut, malah saya menemukan suatu hal yang membuat saya semakin tertarik untuk menjelajahi jauh lebih dalam karena mampu menghasilkan karya kreatifitas jauh lebih baik melampai apa yang pernah saya buat di waktu-waktu sebelumnya.

Hal inilah yang menginspirasi saya, bahwa kita patut mencoba sesuatu yang baru , dan ada kemungkinan sesuatu yang baru itu mempunyai potensi yang lebih baik, jadi jangan takut beradaptasi pada hal yang baru.

No comments:

Post a Comment