Friday, 19 February 2016

Kamera DSLR gak dipakai jamuran

tahun lalu saya membeli sebuah kamera karena ada suatu keperluan terkait project yang saya kerjakan di tahun tersebut, namun nyatanya kamera tersebut malah belum terpakai dan sampai sekarang masih dianggurin.

Sempat karena tidak terlalu perlu dengan kamera tersebut sampai lupa bahwa punya kamera, kemaren pas membersihkan almari baru nyadar kalau ada kamera, nah pas dilihat itu luarnya ada jamur putih-putih. kemudian saya coba nyalain dan sekilas tidak terjadi apa-apa masih bisa nyala normal.

Namun setelah saya teliti lebih lama, karena lama gak dipakai dan diluarnya pun banyak jamur, ternyata pas dibuat ambil gambar itu ada titik merah kecil di layar, namun pas dibuat unuk menampilkan foto yang lalu tidak ada, pas ambil gambar baru saja ada sebuah titik warna merah.

Nah setelah itu saya coba membersihkan lensa dengan kaos , biasa karena saya nekad aja gak punya peralatan cleaning kali aja ada debu atau apa yang nempel di lensa, namun ternyata setelah saya lihat lagi untuk mengambil gambar masih ada juga titk merah tersebut.

Lalu sakit penasaran saya coba bersihkan pakai pembersih laptop yang untuk push debu itu namanya lens pen atau apa ? saya kurang tahu, tapi saya tiup tiup pakai itu juga gak ada hasil.

Dan saya sempet tanya-tanya juga pada temen-temen tempat jualan  aksesoris kamera dikudus itu dimana ya? soalnya mau beli untuk membersihkan kamera. dan kebanyakan dari mereka mempunyai jawaban yang sama, yaitu bawa ke alamat ***** , atau langsung saja menuju hypermart lantai satu dekat pintu utama, atau ada juga yang menyarankan bawa ke semarang.

Tapi semua tidak kulakukan, saya masih penasaran dan mencari cari artikel di internet bagaimana membersihakan noda tersebut, sampai akhirnya masih pegang kamera malah listrik padam, tapi itu tak mengapa karena masih ada smartphone lagian juga sinyal internet masih ada.

Sambil listrik padam dengan penerangan yang seadanya masih otak atik itu kamera, dan akhirnya menemu artikel di kaskus bahwa membersihkan sensor dengan menu manual cleaning atau apa, maaf saya kurang tahu tentang kamera, tahunya saya hanya jepret jepret saja.

Terus saya coba-coba saja, waktu itu tanpa melepas lensa, saya pencet menu manual cleaning tersebut dan tidak ada perubahan, kemudian saya baca artikel lebih dalam lagi, ternyata untuk melakukan hal tersebut lensa kayaknya perlu dicopot, dan saya copotlah lensanya sambil saya lihatin apa yang terjadi dan saya pencet menu tersebut, ternyata ada hal yang kayak kaca di body kamera itu berubah posisinya.

Dan saya push pakai alat pembersih laptop seadanya, dengan penerangan yang seadanya , beberapa kali, dan langsung saja saya pang lagi lensanya untuk memastikan ada perubahan, dan ternyata memang betul , saya pakai untuk melihat dengan lensa masih ada titik tersebut, namun setelah saya ambil gambar titik tersebut tidak kelihatan di hasil jepretan.

Namun saya juga belum yakin karena kondisi juga gelap , padahal untuk memastikan hal tersebut biasa dengna objek yang putih. Tapi nanti saya coba lagi , apakah  masih ada, kalau masih ada saya berusaha untuk membersihkannya sendiri, jangan coba-coba memaksa saya untuk pergi ke tukang servis, karena lebih baik merusak kamera tapi dapat pengalaman dari pada membayar ke tukang servis tapi kamera tambah rusak parah. (yaiyalah))...

Demikian pengalaman, supaya dapat diambil hikmahnya dan jangan lama-lama menyimpan kamera, secara rutin periksalah dan gunakan walaupun hanya iseng iseng.

No comments:

Post a Comment