Thursday, 18 February 2016

Membuat E-KTP di dukcapil Kabupaten Kudus mudah dan cepat

Beberapa hari yang lalu KTP bu lek saya hilang, gak tau entah kemana? dan ini bisa sangat genting karena begitu pentingnya kita sebagai warga Indonesia yang baik dan sopan santun wajib mempunyai KTP, karena kalau tidak mempunyai KTP untuk mengurus surat-surat lainnya jadi repot.

Nah dari itu maka tentunya kalau KTP hilang harus segera melapor dan kalau sudah dicari kemana-mana tidak ketemu maka solusinya adalah membuat lagi. Dan untuk membuat juga agak ribet, tentunya dari RT, RW, Balaidesa, kecamatan, kemudian ke Dinas kependudukan dan catatan sipil. O iya jangan lupa pula untuk lapor ke kantor polisi bahwa KTP nya hilang karena ini nanti penting ditanyakan di dinas dukcapil.

Untuk prosedur di balaidesa dan kecamatan saya sendiri kurang tahu, karena yang mengalami adalah bu lek, sehingga paling tidak saya dapat menebak apa yang terjadi karena kebetulan saya juga pernah menjadi calon instruktur EKP tapi yang tidak jadi. hahahha.

Untuk pengambilan data-data diri seperti retina mata, foto, tinggi, sidik jari dll, dilakukan di kematan, dan untuk pencetakan kartunya tidak seperti dulu yang harus dikirim dari jakarta, sekaran kayaknya sudah bisa dicetak sendiri di kabupaten.

Awalnya saya tidak tahu dinas dukcapil kudus itu disebelah mana, in isangat memalukan sekali karena sebagai warga kudus sendiri masa nggak tahu??? .  Tapi saya sudah menduga bahwa kantornya berada dekat dengan mall Ramayana Kudus.

Langsung saja tidak pakai lama karena saya disuruh ngantar bu lek, jadi langsung ke TKP dan sok tahu tempatnya yang akhirnya malah nyasar ke kantor pengadilan, tapi gpp, dan di sana saya ketemu saya tukang parkir, terus tukang parkirnya saya mintai sebatang rokok (kalau yang ini bohong ya, saya nggak berani), kemudian saya bertanya, mas kantor dukcapil itu di sebelah mana ya? kemudian tidak pakai lama langsung diarahkan di diberi penjelasan bahwa kantor nya ada di area pendopo kudus.

Sebenarnya semalam sudah tanya sama temen lewat WA, dan dibilang temen saya bahwa tempatnya ada di kompleks pendopo, tapi saya tanya lebih lanjut ternyat WA nya tidak aktif mungkin dia sedang tidak punya anggaran untuk biaya koneksi internet. ahahaha.... atau mungkin saya dicukin (bisa jadi). tapi gak papa.

Dan saya tanya ke google tapi masih belum jelas, tapi yang pasti tadi sekitar pukul 08.00 sudah nyampai di kantor, dan ternyata sudah ada yang antri sekitar 15 an orang, tidak ramai ternyata karena dulu pas di tahun 2015 masih ramai, dan sejak pagi sudah banyak yang antri.

Saya sendiri kurang tahu bukanya mulai jam berapa tapi yang pasti pukul 08.00 sudah buka, saya dan disana untuk Anda yang belum berpengalaman tentu bingung harus ke bagian mana dulu, dan harus melihat situasi dan kondisi biar tidak kelihatan begok nya . ..xixixi

Maka saya kasih tahu saja, sebaiknya Anda menuju ke bagian informasi yang ada di depan kantor sendirian, petugasnya cewe kalau mau berkenalan, tapi saya gak mau karena bukan tipe saya. kemudian minta penjelasan saja prosedurnya bagaimana, dan kalau malu bertanya maka sesat dijalan.

Biar gak sesat saya jelasin saja, langsung taruh saja berkas-berkas kelengkapan yang harus di bawa dan taruh di bagian informasi, kemudian tunggu beberapa lama lalu tiriskan (bukan juga memang lagi masak?). ya tunggu sejenak karena sudah disediakan kursi-kursi untuk menunggu, tenang saja tidak usah gelisah galau apalagi merana karena saya kira tadi tidak sampai 15 menit sudah ada panggilan ke dalam untuk mengambil E-KTP yang sudah  jadi.

Kalau sudah ada panggilan langsung masuk saja ke ruangan, dan saya tidak tahu di dalamnya pada ngapain tapi tidak sampai 10 menit sudah keluar lagi, dan jadi deh....

Begitu kira-kira prosesnya, dan semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. dukcapil ny masuk ke pendopo ya mas , sama bingung soale

    ReplyDelete
  2. betul, langsung masuk saja di area pendopo, terus belok kiri. ngurusnya di sana persis parkirnya di halaman dukcapil

    ReplyDelete