Monday, 22 February 2016

Mengatasi Atasan / si bos yang minus minus

Hal ini  pastinya pernah dialami oleh seorang karyawan yang bekerja pada suatu perusahaan atau seorang bawahan yang bekerja pada si bos, dan hal ini tak jarang kadang si bos mempunyai sifat yang tidak baik seperti hobby marah, berkata yang menyakitkan hati ataupun memberikan tekanan tekanan mental pada bawahan.

Nah tentu pada Anda yang mengalami hal tersebut akan merasa tidak nyaman, apalagi tiap hari ketemu dengan si bos, di ruangan yang sama, untuk menjaga hal tersebut tentu juga tidak nyaman jika antara bawahan dan atasan tidak saling sapa dan ini sangat berbahaya untuk kondisi mental bawahan.

Ada tipe sibos juga yang belum selayaknya menempati posisi sebagai bos, mungkin juga posisi tersebut diperoleh dengan proses yang tidak semestinya misal sibos adalah anak pemilik perusahaan atau si bos adalah orang yang dekat dengan pimpinan, dsb, sehingga mereka tidak memiliki kompetensi untuk menjadi leader dalam sebuah team, apalagi masih mementingkan ego dalam setiap kejadian.

Sudah hal yang wajar apalagi jika si bos merasa terancam karena Anda adalah lebih pintar dari sibos jadi merasa tersaingi dan tidak mau mengalah, serta mempunyai sifat si bos harus lah benar, tidak mau dikoreksi, walaupun sudah terbukti salah tapi harus benar dan menang sendiri. Ini tentu sangat tidak nyaman. dan ini adalah tipe si bos yang siap siap saja tidak bertahan lama di posisi.

sebagai bawahan ada beberapa tips yang patut di coba untuk mengatasi hal tersebut.
1. Anggaplah si bos Anda yang mempunyai sikap pemarah atau kurang bijaksana dan mempunyai sikap kekanak kanakan adalah sebagai anak sendiri, dan berikanlah maklum karena dia seperti anak kita yang kita sayangi, walaupun si bos berbuat semena mena terhadap bawahan anggap saja dia anak kecil yang memukul mukul kita dan pukulannya itu tidak mengakibatkan sesuatu pun yang fatal pada kita malahan seperti dipijit pijit. Dan tentu kita malah harus kasihan  pada sibos yang memiliki sifat tidak baik tersebut yang patut kita tolong dan kita obati.

2. Jangan membalas dengan kemarahan karena kemarahan itu dapat merusak mental dan tubuh, serta dapat menurunkan imunitas tubuh, jadi kendalikan marah, serta jangan suka memendam sesuatu, jika ada kesempatan ada baiknya jika ada masalah dengan sibos dapat dirundingkan dan dicari titik temu penyelesaian masalah tersebut yang win win, artinya sama enaknya. kalau hidup damai khan indah.

3. Atau jika Anda merasa tidak betah dengan keadaan tersebut dan si bos adalah orang yang tidak kompeten apalagi jika Anda lebih pintar dari sibos, ada baiknya Anda mencari posisi di perusahaan lain karena Anda berhak untuk kesuksesan Anda. Dan masih banyak tempat lain yang menghargai Anda sebagai manusia seutuhnya.

Memang kita tidak dapat membuat orang lain berubah sesuai dengan harapan kita, yang dapat merubah adalah dirinya sendiri, dan yang ada pada kendali kita adalah kita yang mengubah diri sendiri, semoga dengan kita mengubah sikap ataupun pemikiran kita dapat juga mempengaruhi orang sekitar dan berbuat sesuai dengan apa yang kita inginkan, Demikian, jika ada tambahan ataupun koreksi mohon corat coret di komentar.

No comments:

Post a Comment