Friday, 26 February 2016

Meredirect subdomain blogspot dengan top level domain sendiri

Nah sudah beberapa waktu menjalani sebagai blogger, hal ini tentu  mengasikan dan terkadang menjadi lupa waktu karena keasyikan menulis, setelah berjalna beberapa waktu tentu seorang blogger mempunyai ketidakpuasan atas pencapaiannya dan ingin selalu maju untuk menggunakan berbagai macam technologi yang mendukung untuk bisnisnya, karena kalau tidak tentu akan jauh tertinggal.

Disini berdasar pengalaman sendiri, walaupun hal ini sangat sederhana, namun cukup memberi kepuasan batin pada saat melakukan, semestinya sudah cukup menggunakan subdomain namun adakalanya kita ingin terlihat lebih professional serta biar lebih semangat lagi untuk menulis.

Di bawah ini saya jabarkan step by step untuk menggunakan domain sendiri pada blogger.

Langkah pada dashboard blogspot :
  1. Pertama tentu kita harus login ke dashboard blogspot sesuai dengan username dan passwordnya masing-masing.
  2. Langsung masuk ke menu "settings"

  3. Kemudian masih di dalam menu "settings", pilih pada bagian  "Publishing" disini ada label "Blog Address" yang artinya adalah alamat blog kita, kemudian klik pada "Setup a 3rd party URL for your blog"

  4. Kemudian isilah dengan domain yang sudah Anda pesan di penyedia domain, misal "www.aslipalsu.com", perlu diperhatikan bahwa perlu diawali dengan www.

  5. Lalu klik Save (ketika mengklik save akan muncul error "We have not been able to verify your authority to this domain. Error 12") Namun tidak apa apa, abaikan saja error ini.
 Langkah pada penel penyedia domain :
  1. Langsung kita menuju panel yang disediakan oleh penyedia registrar domain masing-masing, tentu tiap penyedia tidak mempunyai panel yang sama persis, namun kurang lebih langkahnya sama tinggal penempatannya saja.
  2. Masuk pada menu "Name Server" Tentu hal ini juga diisi sesuai dengan penyedia domainnya masing masin, misal penyedia domainnya adalah joophie.com, bisa pakai ns1.joophie.com dan ns2.joophie.com, atau misal penyedia domainnya rumahokeoke.com bisa menggunakan ns1.rumahokeoke.com dan ns2.rumahokeoke.com, disesuaikan dengan penyedia domainnya atau bisa kontak dengan pihak yang memberikan pelayanan domain, namun biasanya jika kita menggunakan untuk menu "manage dns" akan muncul error dengan sendirinya yang memberikan arahan untuk mengganti name server dengan name server yang telah disebutkan di error tersebut.

  3. Kemudian masuk ke "Manage DNS" (ingat hal ini tidak sama, cari saja di panel masing-masing menu ini).
  4. Pada panel "Manage DNS" tambahkan CNAME record (karena disini banyak tipe recordnya seperti A, AAAA, CNAME, MX, TXT, SRV, dan NS), kita hanya perlu yang CNAME dan yang A, 

    1. namun untuk yang pertama ini kita pilih CNAME dulu. dan isikan sesuai dengan yang di langkah 4 pada dashboard blogspot di atas (jangan lupa ada dua CNAME), yang pertama isi dengan hostname = www.domainanda.com, value ghs.google.com, dan yang kedua isi dengan misal 13sh4t3puigy8.domainanda.com, value = gv-uue8gdti6jkuk7.dv.googlehosted.com (disesuaikan dengan masing-masing)

    2. Massukkan A Record, dan nilainya adalah disesuaikan dengan IP yang diberikan dari blogspot, karena ini digunakan untuk nanti ketika kita mau menggunakan misal http://aslipalsu.com tanpa menggunakan www, karena kadang orang lupa mengetikkan www di depan domain sehingga kalaupun menggunakan www atau tidak tetap akan diarahkan pada alamat yang sama. ada empat ip yang harus dimasukkan :
      216.239.32.21
      216.239.34.21
      216.239.36.21
      216.239.38.21
  5. pada tahap ini kita sudah selesai di panel domain, namun kadang kita harus menunggu beberapa jam atau bahkan sampai berhari-hari untuk menunggu proses ini, tapi tidak perlu khawatir , kalau semua dilaksanakan dengan benar tentu akan membuahkan hasil.
 Langkah pada dashboard blogspot 2 (setelah beberapa jam atau beberapa hari):
  1. Karena pas pertama kali kita setting pada dashboard blogspot yang pertama masih muncul error (lihat pada langkah 5 di dashboard blogspot), maka kita harus mensetting ini lagi agar tidak error, dan pasti pada saat kita mengakses domain yang sudah kita masukkan disana juga akan muncul tampilan error seperti di bawah ini.

  2. Nah saat nya kita menyelesaikan langkah kita, pada setting yang langkah 5 dashboard blogspot di atas masukkan kembali domain Anda misal, www.aslipalsu.com dan jangan lupa centang "Redirect aslipalsu.com to www.aslipalsu.com." dan tarraaaaaaa . . . tidak terjadi errrorr lagi

Demikian artikel yang agak rumit ini, semoga bermanfaat, kalau ada yang ditanyakan bisa corat coret di kolom komentar. Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment