Friday, 19 February 2016

Pastikan sarapan dulu sebelum ke sekolah

Dulu waktu saya kecil karena saya dari keluarga sederhana, jadi orang tua juga sudah sibuk mengurus pekerjaan jadi tidak banyak waktu untuk mengurus anak, sehingga saya tumbuh dengan sendirinya juga dengan menu yang seadanya.

Hampir setiap hari saya sarapan dengan sambal sama telur dadar, sehingga dengan menu  yang itu itu saja merasa bosan akhirnya tidak jarang saya hanya makan lauknya saja dengan nasi masih tersisa dipiring, dan hal ini membuat saya tidak dapat menangkap pelajaran di sekolah dan kurang begitu energik.

Hal itu tidak saya sadari betul, tahunya waktu itu adalah berangkat sekolah ketemu teman bermain, lalu pulang lagi bermain lagi, seperti itu setiap hari tanpa memperhatikan ada sesuatu yang salah pada hidup saya karena kurangnya pengetahuan waktu itu.

Dengan hal yang seperti itu menjadikan prestasi saya disekolah tidak begitu menonjol karena kurang dapat menangkap materi pelajaran dikarenakan kurang sarapan.

Nah dari pengalaman tersebut saya dapat menghimbau kepada para orang tua supaya pastikan selalu menyediakan sarapan untuk anak, dan pastikan anak menghabiskan sarapan walaupun seperti menu saya setiap harinya.

Kemudian juga kalaupun anak tidak mau sarapan, cobalah untuk mencari tahu penyebab kenapa anak tidak suka makan, apakah dari menu makanan? atau memang tidak terbiasa sarapan? atau dapat juga karena ada suatu masalah mungkin stress karena kecemasan terhadap materi pelajaran yang mempunyai guru yang killer sehinnga membuat perut tidak nyaman dan akhirnya tidak mau makan.

Kalaupun anak tidak sarapan, berilah dia bekal untuk dimakan disekolah, serta tanamkan pengetahuan bahwa membawa bekal itu adalah tidak apa apa dan cuek saja, karena kadang ada teman juga yang iseng suka membully anak yang mempunyai kebiasaan berbeda dari teman-teman lain, dan beruntung sekali kalau ada teman satu sekolah yang sama sama membawa bekal sehingga tidak membuat anak malu.

Memang kadang anak tidak suka sarapan, tapi jangan terlalu juga memaksa mereka untuk sarapan karena hal ini mungkin dapat tersimpan di memory alam bawah sadar mereka sehingga dapat menimbulkan hal yang tidak perlu kedepannya, jadi untuk solusi  pakailah cara yang benar misal dengan membawa bekal, atau mengubah menu makanan , dll.

Demikian , semoga bermanfaat untuk para orang tua yang ingin anaknya menjadi anak yang bermutu.

No comments:

Post a Comment