Wednesday, 24 February 2016

Pendaftaran peserta BLK Kudus secara online

Balai latihan kerja dikudus sangat bermanfaat kita warga kudus yang ingin menambah keterampilan kerja sehingga meningkatkan perekonomian serta meningkatkan kesejahteraan warga kudus, dengan mengikuti pelatihan maka diharapkan peserta mempunyai bekal keterampilan untuk dapat bekerja ataupun  membukan lapangan pekerjaan yang akhirnya dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Banyak warga dari berbagai desa di Kudus yang mendaftar sebagai peserta latihan dan mengikuti berbagai macam keterampilan namun setiap peserta di berikan kesempatan satu kali dalam setahun untuk mengikuti satu buah keterampilan untuk ditahun yang sama, namun di tahun 2016 ini saya kurang mengerti setelah diberikan surat penyataan peserta pelatihan ada tulisannya "tidak mengikuti program pelatihan lebih dari 1 (satu) kejuruan baik di UPT - BLK maupun di LPKS yang ditunjuk oleh BLK Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Trasmigrasi Kabupaten Kudus".

Terkait keterangan tersebut saya belum dapat memastikan maksudnya apakah mengikuti beberapa pelatihan dalam waktu yang sama?, atau mengikuti beberapa pelatihan dalam tahun yang sama?, ataukah memang setelah  mengikuti salah satu pelatihan tidak diperkenankan mengikuti pelatihan lagi?, saya juga kurang tahu, tapi nanti ketika di kantor BLK akan saya tanyakan lebih lanjut agar tidak timbul salah paham.

Ditahun 2015 pendaftaran peserta dilakukan secara manual atau offline yaitu peserta datang ke kantor BLK dengan membawa berkas persyaratan kemudian mengisi daftar peserta dan selanjutnya tinggal menunggu panggilan untuk mengikuti pelatihan.

Namun di tahun 2016 ini, setelah  ternyata sistemnya sudah mulai online, yaitu calon peserta mendaftarkan dirinya secara online melalui media internet dengan mengisi informasi yang diperlukan terkait dengan data diri kemudian mencetak hasil dari bukti pendaftaran online tersebut.

Kemudian datang lagi ke BLK untuk menyerahkan berkas-berkas yang diperlukan seperti Photocopy KTP, photocopy ijazah dll, kemudian barulah menunggu panggilan lagi untuk informasi jadwal pelatihan, setelah mendapatkan panggilan lagi melalui pesawat telephone, calon peserta diarahkan ke tempat kursus untuk meminta informasi lebih lanjut terkait dengan pelatihan yang diikuti.

Yah, walaupun proses nya agak ribet tapi sudah bagus karena sistemnya mulai online sehingga dapat memudahkan untuk penyimpanan data serta dalam proses pencarian data peserta menjadi lebih mudah.

Nah untuk warga kudus yang ingin mengikuti pelatihan jangan sungkan, walaupun umurnya sudah dibilang berumur, tapi tidak ada kata terlambat untuk belajar, karena belajar adalah seumur hidup, orang yang berhenti belajar berarti adalah berhenti bertumbuh.

Demikian, informasi yang saya dapatkan, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment