Sunday, 21 February 2016

Sesak napas hubungannya dengan kecemasan / serangan panik

Baik panic attack ataupun anxiety disorder mempunyai gejala yang sama, mereka dapat menimbulkan sesak napas, dan begitupun sesak napas juga dapat memicu panic attack maupun anxiety.

Biasanya penderita merasakan susah mengambil napas, atau merasa tidak bisa plong, napas seperti tertahan, atau bahkan menghirup napas namun berasa tidak ada oksigen yang nyangkut di dalam darah. Dan penderita seperti kekurangan oksigen yang dapat berakibat kesemutan ataupun merasa ringan di tubuh.

Ada juga yang merasakan gejala napas pendek, mudah ngos ngosan, dipakai buat jalan sebentar baru beberapa meter sudah loyo, berbicarapun blepotan ngos ngosan dan pandangan menjadi tidak fokus, ini biasa dialami oleh siapa saja yang kesehariannnya kurang aktifitas, atau kurang gerak, dalam hal ini perlu dilatih lagi untuk melakukan aktifitas seperti olahraga dengan ukuran yang disesuaikan jangan langsung melakukan olahraga berat tapi bertahap.

Sesak napas juga dapat membuat orang menjadi susah tidur karena merasa sesak napas tersebut mengakibatkan mereka sering menarik napas yang mengakibatkan darah banyak mengandung oksigen yang akhirnya mata tubuh menjadi bugar kembali dan tidak dapat tidur,  namun hal ini kalau terjadi semalaman dapat mengakibatkan tubuh menjadi lesu pada siang harinya karena tidak tidur semaelaman.

Selain penyebab susah tidur tersebut, biasanya penderita mengalami ketakutan terhadap kematian yang diakibatkan oleh sesak napas, dan bayangan tersebut seringkali memperparah keadaan tersebut yang membuat semakin tidak dapat tidur, seperti video yang diputar berulang ulang di dalam otak.

Untuk mengatasi hal tersebut maka bagi penderita yang mengalami sesak napas, maka sebaiknya pada waktu tidur meninggikan bantal dengan memberi bantal secara bertumpuk misal 3 bantal atau 2 bantal, disesuaikan dengan kenyamanan masing-masing.

Kemudian untuk mengatasi gangguan kecemasan yang mengakibatkan kepanikan tersebut, maka mulailah berpikir bahwa hidup ini sudah ada yang mengatur yaitu Tuhan jadi kapan kita lahir kapan kita meninggal semuanya sudah ada waktunya masing-masing jadi tidak usah risau karena semua yang hidup pasti mengalaminya yang terpenting adalah persiapkan bekal untuk menuju kesana sehingga pikiran menjadi tenang.

Dengan kata lain kita memasrahkan apapun yang terjadi kepada Tuhan, dan inilah yang membawa ketenangan di dalam hati karena semua yang diberikan Tuhan pastilah sesuatu yang baik.

Kemudian yang perlu saya sampaikan untuk  penderita sesak napas yang mengakibatkan kepanikan atau sebaliknya untuk dapat melakukan latihan pernapasan yang bisa dicari di internet ataupun juga dalam mengikuti latihan olah pernapasan seperti olahraga yoga, sehingga napas dan menjadi panjang dan tenang yang dapat berpengaruh pada kesehatan mental, karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula.

Demikian semoga dapat memberikan manfaat.

No comments:

Post a Comment