Sunday, 28 February 2016

Share file dari laptop ke smartphone menggunakan shareit

Kawan, ada kalanya kadang kita tidak selalu bisa berhadapan dengan komputer, jadi tidak selalu bekerja dengan menggunakan komputer, mungkin karena tempat yang tidak mendukung, atau karena lagi jenuh dengan komputer, atau juga ingin sejenak melepas lelah dari komputer tapi tetap ingin menjalankan bisnis namun dengan perangkat lain yang dapat menggantikannya seperti smartphone dll.

Seperti yang saya alami, bahwa saya merasa tidak fleksible ketike membuka sebuah file selalu harus di depan laptop, padahal tidak selalu saya bisa menggunakan laptop, namun ada perangkat lain yang lebih sering saya bawa daripada laptop, yaitu smartphone, sehingga saya berinisiatif untuk mengcopy beberapa file yang diperlukan ke dalam smartphone agar juga dapat saya gunakan ketika tanpa menggunakan laptop.

Nah masalahnya, karena laptop saya ini tergolong laptop jadul sehingga waktu membelinya dahulu kala tidak dilengkapi dengan perangkat bluetooth untuk mengirimkan file, sehingga saya harus mencari kabel data untuk menghubungkan antara laptop dan smartphone, namun sayangnya juga saya tidak memiliki kabel data tersebut, sehingga saya mencari ide lainnya.

Salah satu ide tersebut adalah mengambil memory smartphone menggunakan card reader, namun sayangnya lagi lagi card reader yang saya punyai tidak berfungsi dan tidak dapat digunakan lagi, akhirnya saya mencari cara lain, saya berpikir dapat mengirimkan file melalui perangkat wireless yang dibawa oleh kedua perangkat yaitu laptop dan smartphone.

Saya terpikir bagaimana caranya karena dirumah tidak ada perangkat access point untuk menghubungkan ke dua perangkat, tapi itu tak masalah, akhirnya saya browsing di internet dan menemukan sebuah solusi untuk permasalahan tersebut, yaitu menggunakan aplikasi yang dinamakan "shareit".

Aplikasi shareit ini dapat diunduh secara gratis baik dari website lenovo maupun website shareit, namun saya kurang begitu tahu juga aplikasi ini dibuat oleh siapa, karena yang terpenting bagi saya adalah dapat berguna sesuai dengan keperluan yang saya perlukan.

Nah daripada pusing, untuk menggunakan shareit tidak diperlukan kualifikasi jenjang pendidikan yang tinggi seperti s2, professor ataupun bahkan doktor, tapi cukup dapat membaca dan mengerti dasar dasar internet, saya rasa anak SD pun bisa melakukan hal yang saya lakukan ini.

Tidak usah sungkan, langsung saja download aplikasi shareit tersebut di laptop, dan juga smartphone, karena ada banyak versi dan masing-masing perangkat haruslah menginstal aplikasi tersebut untuk dapat terkoneksi.

Dan awal saya menggunakan aplikasi ini adalah kesan saya awesome, amazing, karena tidak perlu buku panduan yang tebal untuk mengoperasikannya cukup klik ini dan itu sudah dapat berjalan sesuai harapan, saya tidak dapat menggambarkan secara detail prosesnya apalagi dengan gambar karena sungguh repot untuk mengcapture gambar tersebut karena harus dari dua perangkat yaitu smartphone dan laptop.

Namun kurang lebih seperti ini, buka aplikasi shareit di laptop, jalankan kemudian klik bagian tengah aplikasi nanti terlihat seperti ada tulisan connect apa gitu, terus kita disuruh membuat jaringan sendiri, dan mensetting passwordnya.

Setelah itu dari aplikasi yang di smartphone kita harus mencari nama SSID dari laptop yang dibuat oleh aplikasi shareit tersebut, dan mengkoneksikannya dengan mengketikkan password yang dibuat di paragraf atas ini. Habis itu nanti smartphone nya disuruh memfoto gambar code yang ada di laptop, dan jeng jeng, tiba tiba saja sudah terhubung dan kita bisa bebas transfer file dari laptop ke smartphone ataupun sebaliknya.

Demikian artikel ini, kalau bingung silakan komen dibawah, mudah mudahan saya dapat membantu.

No comments:

Post a Comment