Sunday, 21 February 2016

Stress memicu asam lambung, asam lambung bikin stress

Dalam tubuh manusia yaitu di dalam lambung terdapat yang namanya asam lambung, hal yang ini sangat penting untuk membantu proses pencernaan di dalam tubuh kita, namun jika kondisinya adalah kekurangan ataupun kelebihan asam lambung juga menjadi tidak baik dan  menimbulkan keluhan.

Di jaman yang serba instan ini , manusia lebih banyak beban pikiran daripada beban fisik karena kebanyakan pekerjaan saat ini adalah ringan ringan  namun membutuhkan pemikiran yang berat, hal ini tentu tidak seimbang , padahal semua yang tidak seimbang pasti akan berdampak pada kehancuran.

Banyak orang yang terlalu sibuk bekerja sehingga tidak memikirkan pola hidup, seperti pola tidur, pola makan serta berolahraga, sehingga hal ini dapat menimbulkan stress yang akhirnya memicu terjadinya asam lambung yang bisa jadi dikarenakan oleh telat makan sehingga yang tadinya harusnya jam sekian sudah makan ternyata lambung belum terisi jadi jam keluarnya asam lambung tidak sama dengan waktu makakan masuk sehingga asam lambung menimbulkan rasa tidak nyama diperut , terlebih lagi kalau asam lambung naik ke kerongkongan bisa menimbulkan rasa seperti tercekik dan berasa sesak napas.

untuk orang yang belum mengenal kondisi seperti ini, biasanya akan terkena panic attack atau serangan panik untuk pertama kalinya, dan ini dapat menimbulkan trauma terhadap kejadian tersebut, tapi yang terjadi adalah mereka merekam tempat serta apa hal yang di sana misalnya makanan, sehingga makanan atau tempat tersebut suatu saat dapat menjadi phobia bagi mereka.

Kemudian jika keluhan panik tersebut berlanjut tidak jarang mereka langsung pergi ke UGD, karena gejala ini bisa menimbulkan jantung berdebar yang mirip gejala serangan jantung, namun saat sampai di Rumah sakit ternyata mereka merasa tenang dan nyaman sehingga belum di apa apakan langsung balik pulang.

Hal tersebut dapat menimbulkan terror untuk seseorang karena mereka masih terus memikirkan kejadian tersebut sehingga semakin kejadian tersebut dipikirkan bukannya mereka hilang tapi malah menjadi semakin kuat dan besar dipikiran sehingga dapat menguasai pikiran dan menimbulkan gejala yang sama lagi, siklus ini dapat berlangsung terus menerus jika penderita tidak menyadari apa yang terjadi pada dirinya.

O iya, kondisi stress juga dapat menimbulkan asam lambung, maksudnya adalah dari pikiran, misalnya tekanan kerja di kantor atau memendam amarah dan hal negatif lainnya yang dipendam dalam hati atau pun pikiran namun tidak terlampiaskan atau tidak tersalurkan sehingga menyesakkan dada yang dapat mengakibatkan proses pernapasan  menjadi tidak biasa, yang umum terjadi adalah salah napas seperti ketika menarik napas malah perut mengempis tapi pas mengeluarkan napas justru mengembang dan hal ini dapat mengganggu fungsi fungsi organ tubuh lainnya yang akan memicu gangguan fungsional organ lainnya.

Seringkali masalah yang dikeluhkan pasien adalah keluhan sesak napas, sesak napas ini bisa didefinisikan sebagai sesak napas beneran , ataupun cuma perasasaan sesak napas, karena ada suatu mekanisme pertahanan tubuh mereka terlalu cepat menarik napas sehingga dapat menimbulkan gejala yang dinamakan hiperventilasi yang dapat memperparah kondisi sesak  napas tersebut.

Namun jangan terlalu khawatir dengan mengubah pola hidup menjadi sehat gejal ini dapat menjadi normal kembali. Demikian semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment