Friday, 25 March 2016

Akun Adsense di disable

Membaca postingan kawan di forum sebelah tentang akun adsense nya yang disable, dan kenapa akun tersebut sampai didisable, Hal ini tentu membuat shock , membuat terkejut kawan saya tersebut karena dia menaruh masa depannya dari penghasilan Adsense artinya bahwa Adsense tersebut adalah penghasilan utamanya.

Dan saya sarankan untuk rekan yang lain supaya tidak menggunakan Adsense sebagai penghasilan utama karena mengingat ketidakpastian dari penghasilan tersebut, dan bisa saja sewaktu-waktu akun dibanned,  kecuali memang sudah terbukti Anda mendapat penghasilan perbulan yang lumayan banyak di rekening tabungan Anda dari hasil Adsense.

Kembali ke situs kawan saya tadi, bahwa situs yang digunakan untuk mendulang penghasilan tersebut berisi konten tentang medis atau tips kesehatan. Lalu apa hubungannya sehingga bisa melanggar peraturan Adsense?

Saya menduga, berdasarkan pendapat saya saja bahwa Adsense melakukan peninjauan / audit terhadap akun Adsense yang mengalami peningkatan pendapatan, apalagi pendapatan itu meningkat drastis, karena ada kemungkinan di dapati bahwa ada aktifitas yang tidak sah atau biasa disebut "invalid activity" seperti klik iklan  yang dilakukan sendiri atau teknik hitam yang lainnya.

Terkait hal itu, berikut notifikasi yang diperoleh oleh kawan saya tersebut.

Hello,
This email is to alert you that your AdSense account was found to be non-compliant with our AdSense program policies and as a result, your AdSense account has been disabled.
Current account status: Disabled
Action required: None

Violation explanation


It's important for a site displaying AdSense to offer significant value to the user by providing unique and relevant content, and not to place ads on auto-generated pages or pages with little to no original content. This may include, but is not limited to:

  • copying portions of text content from other sources
  • websites dedicated to embedded videos from other hosts
  • websites with gibberish content that makes no sense or seems auto-generated
  • templated or pre-generated websites that provide duplicate content to users.

Dari notifikasi yang diberikan tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa website terindikasi menggunakan konten yang melanggar kebijakan seperti pembajakan, penggandaan, atau plagiatisme.

Dan memang setelah saya konfirmasi ulang ternyata website kawan saya tersebut berisi tentang tips kesehatan yang diambil dari berbagai website lainnya sehingga tampak sekali bahwa konten tersebut tidak orisinil, sehingga mungkin yang dikhawatirkan adalah bisa jadi tips yang diberikan menyesatkan karena mengingat kawan saya bukanlah professional di bidang medis atau kesehatan yang berpengalaman di lapangan.

Boleh-boleh saja membuat situs seperti tentang kesehatan namun tentu baiknya adalah oleh orang yang terpercaya yang berpengalaman dilapangan, atau memang blog atau situs tersebut berisi konten yang dibuat untuk mewakili suatu organisasi, dan konten seperti inilah yang dianggap baik. Karena konten yang asli dan unik akan memberikan nilai lebih terhadap pengguna dan pemasang iklan.

Terkait kasus diatas biasanya ini adalah korban yang diakibatkan oleh kebingungan untuk memulai dari mana membuat sebuah blog/situs, sehingga terombang-ambing oleh berbagai informasi dan artikel yang menipu dan membuat sesat dengan mencari kata kunci di Adwords Keyword Planner, dan setelah menemukan kata kunci tersebut dengan serta merta mengembangkan menjadi sebuah situs tanpa pengalaman dan  menulis konten yang tidak sesuai dengan latar belakangnya.

Demikian, semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

No comments:

Post a Comment