Saturday, 19 March 2016

Bolehkah memasang Code Google Adsense di pop up tombol close welcome banner ?

Sering kita jumpai di blog-blog rekan yang memasang pop up banner yang ada tombol close nya di atas tapi di tengahnya di pasang script Google Adsense , dan hal ini tentu membuat susah pengunjung karena terhalang oleh pop up tersebut ketika pertama kali membuka blog

Mau tidak mau karena artikel yang mau dibaca terhalang oleh pop up tersebut akhirnya mengklik tombol close dan salah-salah bisa menimbulkan salah klik dan mengklik iklan adsense karena posisinya yang terlalu dekat dengan tombol close tersebut. Dan inilah memang yang diinginkan oleh yang punya blog.

Contohnya seperti yang kita jumpai gambar di bawah ini


Terus bagaimana hukumnya kalau memasang iklan seperti itu? apakah akan kena banned? Untuk hal ini tentu melanggar peraturan karena pemasangan iklan yang tidak sesuai dengan aturan penempatan posisi iklan.

Yang logikanya pengiklan memasang iklan untuk mendapatkan untung, dengan berbagai fitur yang di tawarkan Google Adwords, namun apa jadinya ketika yang terjadi adalah yang mengklik iklan adalah bukan orang yang ditargetkan, sehingga hal ini tentu merugikan kedua belah pihak baik dari pengiklan maupun pengunjung, padahal yang namanya kerjasama adalah harus saling menguntungkan.

Berikut beberapa peraturan terkait iklan pop up dan kesalahan penempatan posisi iklan yang dapat menyebabkan kesalahan klik, yang saya kutip dari "AdSense program policies?

Ads in pop-up windows

Publishers are not permitted to place Google ads in any window that is not initiated by a user's click. Additionally, ads may not be placed in any web browser window which lacks navigational controls, including back and forward browse buttons, and an editable URL field. AdSense ad code may also not be implemented on pages where navigational elements have been removed.

Yang artinya, kita tidak boleh memasang iklan Adsense di tempat/halaman yang sebelumnya tidak didahului oleh klik dari user, sehingga dengan pop up tersebut iklan tampil dengan sendiri nya tanpa keinginan user.

Juga lebih lanjut mengenai peraturan pemasangan iklan yang mengarah ke kesalahan klik seperti kutipan di bawah ini

Avoiding accidental clicks

Encouraging accidental clicks

Publishers are not permitted to encourage users to click on Google ads in any way. This includes implementing the ads in a way that they might be mistaken for other site content, such as a menu, navigation, or download links.

Be careful when placing links, play buttons, download buttons, navigation buttons (e.g., “Previous" or “Next"), game windows, video players, drop-down menus, or applications near ads because they might lead to accidental clicks. Even if the layout unintentionally leads to accidental clicks, publishers may still receive a violation notification.

Sehingga untuk pemasangan iklan dan konten situs harus jelas perbedaannya, sehingga tidak menyesatkan user yang berkunjung ke site. Demikian semoga harap hati-hati dan jangan asal ikut-kutan.

No comments:

Post a Comment