Sunday, 6 March 2016

Cara Mengendalikan Emosi Marah

Pengendalian emosi sangat penting bagi siapa saja terlebih lagi bagi orang penting, karena tentu tidak mau sebagai orang penting menjadi rendah harga dirinya serta hilang kewibawaan karena emosi sesaat yang tidak terkontrol. Selain itu pengendalian emosi juga penting untuk kesehatan tubuh agar tidak melemahkan imunitas tubuh serta tidak mudah stress.

Biasanya orang yang mudah emosi adalah dari keturunan, bisa dari orang tua, embah, ataupun orang terdekatnya. Bukannya hal ini diturunkan tapi hal ini dapat menular bagi seseorang yang terbiasa diperlakukan dengan cara emosi tersebut. Sebagai contoh seorang anak yang sering disakiti jiwanya serta dimarahi oleh orang tuanya, secara tidak sadar hal ini dapat dibawa oleh anaknya ketika nanti sudah dewasa dan melakukan hal yang sama dengan anaknya tersebut.

Namun tidak jarang juga yang karena diperlakukan tidak baik oleh orang tua atau atasan malahan menjadikan instrospeksi diri supaya tidak melakukan hal yang sama terhadap orang lain karena tentu orang seperti ini mengenal betul bagaimana diperlakukan secara tidak baik, dan inilah orang-orang yang berhasil dan mampu bertahan di kehidupan yang semakin ricuh ini.

Bukan hanya dari keluarga terdekat, yang pasti dari lingkungan yang secara kontinue terus menginduksi suatu kebiasaan, entah kebiasaan baik atau kebiasaan buruk, maka hal ini dapat menular dan menginduksi individu yang lemah prinsip hidupnya nya, apalagi remaja yang masih labil. Sehingga mereka meniru hal itu pada orang lain yang dinilai tepat diperlakukan dengan cara yang sama.

Oleh sebab itu, saya pribadi mempunyai cara-cara jitu untuk mengendalikan emosi tersebut, hal ini tidak saya peroleh secara instan, tapi melalui berbagai pembelajaran yang secara kontinue baik dari pengalaman atau dari literatur-literatur tertentu, pembelajaran yang satu mengikat pengetahuan yang lain dalam arti setiap pengetahuan membuka pengetahuan baru dan membuka lagi pengetahuan baru yang perlu diketahui, jadi hal ini tentu tidak ada habisnya mengingat kita sebagai makhluk yang terbatas ruang dan waktu sehingga sampai akhir hayat belajar adalah kegiatan yang wajib dilakukan oleh makhluk hidup agar dapat dikatakan sebagai makhluk hidup.

Nah, untuk mengendalikan emosi caranya adalah latihan mengendalikan emosi, semakin banyak kita berada pada keadaan yang memancing emosi maka semakin banyak kita dapat belajar bagaimana cara mengendalikan emosi, tentu hal ini tidak boleh dilakukan secara sengaja dengan membuat orang emosi adalah tidak baik.

Dalam keadaan emosi kita tidak boleh dikendalikan oleh emosi, kita harus berusaha sadar bahwa emosi tidak menyelesaikan masalah, dan hal ini tidak penting untuk ditinjaklanjuti karena hal ini dapat memicu hal yang tidak baik, dalam hal ini kita membicarakan emosi yang negatif.

Sadar sadar dan sadar inilah hal yang penting, agar tidak menjadi gelap mata. Latihan dan latihan ini yang penting dan nanti Anda akan memperoleh kepuasaan disana ketika sudah berhasil. Selain itu jangan lupa untuk makan yang cukup karena emosi dapat menghabiskan energi serta yang terpenting adalah napas yang kuat karena dahulu seorang jawara biasanya menguasai teknik bernapas yang baik sehingga tidak mudah terpancing emosinya.

Demikian semoga bermafaat.

No comments:

Post a Comment