Wednesday, 9 March 2016

Gerhana Matahari Tidak Total di Kudus

Hari ini tanggal 9 Maret 2016, dibeberapa tempat di wilayah Indonesi ada yang dilewati oleh fenomena gerhana matahari total, namun di Kota Kudus sendiri tidak demikian karena tidak dilewati gernhana matahari total, namun sedikit terkena dampaknya dan saat saya menulis artikel ini adalah pukul 7.47 WIB, dan tadi sempat sekitar pukul 07.15 suasana di luar rumah tampak seperti mendung, agak gelap seperti mau senja begitu.

Niat hati ingin melihat matahari ternyata disini sinar matahari masih cukup kuat dan tajam seperti menusuk  mata dan sayangnya saya tidak mempunyai filter matahari, adanya filter karburator motor dan ini tentu tidak dapat saya gunakan, hahahah bercanda.

Gerhana matahari ini terjadi sekitar 350 tahun sekali katanya karena saya bukan merupakan ahli astronomi tapi menurut berita yang ada di televisi begitu jadi sayang kalau ada fenomena seperti ini terus terlewatkan sia-sia sehingga pada daerah-daerah daratan yang memang dilewati oleh fenomena gerhana matahari total ini tentu akan memanfaatkan waktu tersebut untuk menikmati keindahan gerhana matahari total tentu dengan cara yang aman yaitu menggunakan kacamata dengan filter matahari.

Dari sini saya dapat menyaksikan di televisi dan merasakan energi uforia yang dirasakan oleh masyarakat seperti di kawasan Bengkulu dan sekitarnya dan pada saat puncak gerhana bisa saya rasakan merinding bergetar namun sayangnya disini tidak ada kawan untuk bersama-sama merasakan energi tersebut, namun di pulau yang dilewati oleh gerhana total ini tentu akan merasakan hal yang luar biasa dan hebat, amazing, awesome.

Andai saya punya uang berlimpah tentu akan meluangkan waktu untuk menuju di daratan tertentu yang dapat menikmatai Gerhana matahari total ini secara menyeluruh karena kita tahu bahwa umur manusia saat ini tidak sampai 350 tahun, dan fenomena ini adalah fenomena yang asik untuk dinikmati. Inilah tanda kebesaran Allah SWT, yang dapat melakukan apapun itu menggerakan bulan, menggerakan matahari, jadi kita adalah makhluk yang kecil sehingga apa yang perlu kita sombongkan dihadapan makhluk lain.

O iya, disini tadi pukul 07.00 WIB masyarakat melaksanakan sholat gerhana di masjid-masjid, dan sholawat bergema di masjid-masjid, saya merasakan suasana seperti pada waktu hari raya idul fitri. saya dapat merasakan Energinya bergetar luar biasa, merinding. ini yang saya suka.

Demikian adalah gambaran suasana yang saya rasakan di sini.

No comments:

Post a Comment