Monday, 14 March 2016

Jangan berkata tentang apa yang kamu tidak tahu tentangnya

Apa yang kita lakukan itu akan berkonsekuensi terhadap diri kita masing-masing, karena kita bertanggung jawab sepenuhnya terhadap diri kita, terlebih lagi orang yang terdapat hubungan dengan suatu instansi atau lembaga maka justru harus membatasi tentang apa yang dia omongkan karena bisa saja apa yang dia omongkan akan dikait-kaitkan dengan lembaga tempat dia berkomunitas.

Tentu setiap perbuatan ataupun ucapan yang kita lakukan kita harus tahu betul tentang apa yang menjadi dasar kita dapat melakukan perbuatan tersebut. jangan asal ikut-ikutan karena jika hanya ikut-ikutan tanpa tahu dasar motivasi melakukan tindakan tersebut maka ini akan sangat rapuh ketika nanti terjadi suatu masalah seperti pohon yang tinggi namun tidak mempunyai akar yang kuat, yang tentu akan mudah tumbang oleh terpaan angin.

Baik buruk apa yang kita lakukan itu dapat dilihat dari akibat yang ditimbulkannya, bukan  hanya di akhirat tapi di dunia saja dapat langsung terasa akibatnya. sebagai contoh saat kita membuat suatu project mungkin ada orang yang senang terhadap apa yang kita lakukan, mungkin juga akan ada yang tidak senang terhadap apa yang kita lakukan, nah tentu kita dapat bermusyawarah dengan mereka apakah lebih besar sisi negatif ataukah sisi positifnya, kalau seandainya lebih banyak sisi positifnya tentu dapat kita kembangkan project tersebut menjadi lebih baik lagi.



Namun yang perlu diketahui adalah kita harus mempunyai dasar yang kuat terhadap berbagai tindakan kita jika sewaktu-waktu akan ada interupsi yang sedikit menggoncangkan laju daripada kendaraan yang kita tumpangi. Sehingga kita dapat dengan mudah menyingkirkan kerikil-kerikil kecil yang sedikit memberikan terapi tersebut.

Berdasar pengalaman setiap membuat sebuah project pasti ada saja pro dan kontra, ada yang suka ada yang tidak, yang mencaci juga ada, yang marah juga ada, yang berterima kasih juga ada, namun sebagian besar yang tidak setuju diakibatkan oleh kesalahpahaman terhadap maksud dan tujuan dari project tersebut, setelah diberikan penerangan malah mereka mendukung dan dengan senang hati membantu apa yang dibutuhkan untuk membangun project tersebut lebih besar. memang begitulah, karena untuk memperoleh nilai 100 itu dibutuhkan kerja keras.

No comments:

Post a Comment