Tuesday, 1 March 2016

Karakter seorang leader itu keluar dari tempaan

Pernahkah kita memilih sesuatu pada sebuah wawancara atau ngobrol santai, namun kemudian ketika kita dihadapkan dengan berbagai pilihan maka pilihan kita itu akan goyah, dan bisa ragu atau bimbang dengan pilihan awal kita.

Inilah pentingnya sebuah karakter, karena dengan karakter kita akan menjadi kuat sehingga tidak mudah roboh oleh terpaan angin, ibarat sebuah pohon karakter itu adalah akarnya, jadi pohon yang akarnya kuat dan tumbuh menjulang tinggi tentu tidak akan miring  oleh terpaan angin.

Karakter itu tidak keluar dengan sendirinya, atau diperoleh secara instan, tapi harus melalui proses yang berat, seperti sebuah pedang yang ditempa terus menerus sehingga menjadi pedang yang tajam dan berkualitas, demikian juga karakter, orang yang banyak mempunyai masalah serta ditempa dengan berbagai macam ujian maka hasilnya tentu akan lebih baik daripada yang enjoy aja biasa-biasa saja tidak ada masalah sama sekali.

Untuk seorang leader karakter ini sangat penting sekali mengingat seorang leader adalah sebagai otak dari sebuah team, seberapa kuatnya seorang leader menentukan ke arah mana team itu dibawa, bagai lokomotif yang membawa gerbong, tentu lokomotif yang kuat dan bertenaga mampu membawa gerbong kereta sampai tujuan.

Jika kita ingin mengendalikan sesuatu maka kita harus mengendalikan kepalanya dulu, seperti seekor ular yang kita pegang kepalanya dulu baru kita menguasai seluruhnya, seperti penertiban lokalisasi kalijodo kemaren berjalan begitu mulus karena kepala kepala sudah dipegang sehingga tidak terjadi gejolak yang tidak perlu.

Kita juga dapat pilihan untuk keluar dari perusahaan, kadang kita keluar dari sebuah perusahaan adalah pilihan yang sulit dan disinilah benar-benar integritas teruji. Selalu ada pilihan.

Bisa ada sebuah perusahaan yang tidak punya visi misi yang menggairahkan orang tapi mereka bisa kejar target, dan kalau Anda merasa nyaman di perusahaan seperti itu dan setiap waktu ada perubahan namun perubahan itu tidak mengguncangkan dunia, itu fine fine saja. Tapi kalau Anda tipe orang yang harus mencapai sesuatu yang wahhh gitu berarti perusahaan itu tidak cocok untuk Anda. jadi tergantung cocok cocokan saja.

Kepemimpinan itu keluar dari sisi karakter dan skill/kompetensi, jadi kita harus tahu sebagai seorang manager harus tau skill-skill yang harus dimiliki, dan dari segi karakter, karakter itu terbentuk dari tantangan, ditempa, semakin banyak kesulitan yang dihadapi semakin baiklah karakter itu, tanamkan bahwa menghadapi kesulitan sebagai peluang untuk membuat Anda menjadi semakin tangguh.

Intinya karakteri tu keluar dari hati , dan kompetensi itu dari otak. Demikian semoga bermanfaat, 

No comments:

Post a Comment