Sunday, 20 March 2016

Kenapa bayaran iklan blog Adsense bule lebih besar?

Banyak rekan-rekan yang bertanya mengenai kenapa bayaran iklan dari blog bule jauh lebih besar daripada blog Indo. Dan hal ini tentu menyebabkan kecemburuan diantara blog Indo dan blog luar, namun hal itu tentu sebanding dengan kepuasan pengiklan yang mendapat target pengeklik iklan sesuai dengan target  yang diinginkan.

Besarnya jumlah dollar yang diterima oleh blog bule dapat mengindikasikan bahwa bisa jadi persaingan blog dengan konten Indo jauh lebih ringan daripada blog bule, sehingga mempengaruhi harga dari pemasangan iklan itu sendiri, karena dari segi bahasanya sudah dapat kita ketahui, kalau blog international audience nya tentu bisa dari seluruh dunia karena menggunakan bahasa international yang dapat dimengerti oleh orang yang mengerti, ya iyalah kalau kagak ngerti mana ngerti? jadi bingung. hahha

Menurut keterangan dari rekan-rekan yang bermain di blog Indo CPC blog indo berkisar antara 0.01 sampe 0.03, dan perlu diketahui bahwa CPC adalah cost per click, yaitu biaya yang ditawarkan advertiser (pemasang iklan) untuk setiap klik iklannya, jadi jika ada yang mengklik iklan maka jumlah dollar yang didapat sesuai dengan CPC tersebut, sehingga pendapatan yang dihasilkan juga tergantung dari CPC, semakin besar nilainya maka semakin besar pula dollar yang didapatkan.
 
Selain itu banyaknya jumlah dollar yang didapatkan juga tergantung jenis web dan iklannya, kalau seperti web download dan iklan berupa teks link, CTR mungkin bisa menjadi gedhe. Karena kemungkinan bisa terjadi salah klik.

CTR adalah Click Through Rate yaitu, perbandingan dalam bentuk persentase untuk menghitung antara jumlah klik dan jumlah unit iklan adsense yang bersangkutan tampil. jika iklan tampil sebanyak 1000 kali, kemudian iklan tersebut mendapatkan klik sejumlah 10 kali maka nilai CTR nya dapat kita hitung sebagai berikut (10/1000 x 100%)=1%, jadi jika dalam 1000 kali tampil, iklan mendapatkan klik pengunjung sebanyak 10 kali, berarti nilai CTR untuk iklan tersebut adalah 1%.

Namun juga banyak yang menduga kenapa iklan Indonesia bayarannya rendah sekali, bisa jadi karena jumlah advertisers dan maximal bid mereka, yang menggunakan sistem lelang, sehingga logikanya makin banyak yang mau pasang iklan, harga iklannya makin mahal. Sedangkan di Indonesisa sendiri, mungkin advertisers nge-bidnya masih rendah, jadi publisher dapetnya juga kecil.

Juga sudah menjadi rahasia bersama bahwa di Indonesia yang pasang iklan bisa kita tebak dan didominasi oleh seperti Lazada, Matahari Mall dll, sehingga mungkin hanya yang iklan jumlahnya sedikit dan sama terus hanya itu-itu saja jadi nilai iklannya menjadi murah. Selain itu juga akhir-akhir ini sering kita jumpai di blog Indo malahan iklannya sering kosong.

Tapi juga kita tidak dapat memberikan statement bahwa persaingan blog bule lebih berat. Karena banyak kemungkinan, salah satunya persaingan juga tergantung keyword yang ditargetkan dan direncanakan. Kalau persaingannya berat, bisa jadi berarti salah bidik keyword. Kenapa tidak membidik keyword yang jumlah pencariannya tinggi tapi tingkat persaingan rendah?.

Banyak juga rekan-rekan yang ingin beralih untuk membuat blog yang go internasional, namun terkendala dalam penggunaan Bahasa Inggris yang dibilang masih pas-pasan, bisa ngerti tulisan Inggris tapi kagak tau untuk menuliskannya, jadi malah bisa lucu ntar, Kalau sudah begitu terpaksa bermain di local dan hanya punya blog Indo. Tapi Kalau sudah begitu punya 100 blog indo baru terasa gan hasilnya. hehhe. Jadi  untuk sementara waktu saat ini jangan cuma bergantung dengan adsense. Atau dengan kata lain untuk saat ini bisa mengerjakan lainnya dulu. Kerjaan offline misalnya, karena banyak juga yang bisa dapat 300-500rb sehari

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment