Monday, 14 March 2016

Orang Hebat mempunyai pernapasan yang baik dan benar

Sejak saya beberapa kali mengikuti perguruan beladiri, seperti pencak silat, karate, serta tenaga dalam, semuanya mempunyai teknik pernapasan masing-masing, dulu saya tidak mengerti kenapa harus mempunyai teknik pernapasan yang baik.

Hal ini saya ketahui manfaatnya justru sesudah saya keluar dari perguruan, dan memang bermanfaat sekali dalam kehidupan, bahkan dalam situasi dan kondisi yang tak terduga sekalipun teknik pernapasan ini muncul tanpa sadar dan menciptakan tenaga  yang luar biasa.

Orang yang mempunyai pernapasan yang baik pasatilah mempunyai  kekebalan tubuh yang baik juga, tubuhnya sehat. jiwanya juga sehat. Dengan bernapas baik ini dapat membuat kita berpikir lebih tenang serta berperilaku lebih bijak.

Pernapasan yang baik ini penting terutama untuk orang penting, dan juga di perguruan ada yang namanya pengendalian, dan inilah yang membuat saya sadar bahwa pengendalian itu penting dan dengan teknik pernapasan dapat membantu pengendalian tersebut, pengendalian ini bisa bermakna banyak, pengendalian emosi maupun pengendalian lainnya terkait dengan nafsu lebih banyak.

Dengan pernapasan juga kita dapat menyembuhkan diri sendiri ketika sakit, saya tidak tahu bagaimana secara ilmiahnya tapi yang pasti hal ini sering saya lakukan ketika dalam situasi tidak nyaman, dan terbukti memang lebih sehat.

Teknik bernapas yang baik menurut saya adalah dengna pernapasan perut, dan hal ini alami, coba lihatlah anak kecil  yang baru lahir atau masih balita, mereka menggunakan pernapasan perut yaitu ketika menarik napas perut menggembung dan ketika mengeluarkan napas perut mengempis, dan hal ini adalah natural karena anak-anak belum mengenal seperti ekspresi marah atau dendam dan lain sebagainya.

tapi hal ini terjadi sebaliknya setelah dewasa, orang cenderung dadanya yang mengembang serta perut mengempis ketika menarik napas dan hal ini tentu tidak baik terhadap kesehatan tubuh, mengingat di dalam perut terdapat berbagai  organ penting sehingga dengan pernapasan yang salah dapat mengganggu berbagai organ tubuh yang penting tersebut.

Dugaan orang dewasa mengalami pernapasan yang demikian kemungkinan dipengaruhi oleh sifat-sifat seperti marah, dendam, benci dll yang berbau negatif sehingga secara tidak sadar memicu cara bernapas yang demikian untuk membuatnya nyaman atau mengeluarkan tenaga untuk mengatasi hal yang sesuai.

Namun baik pernapasan dada maupun pernapasan perut dapat digunakan untuk sebagai mana mestinya dan untuk tujuan yang sesuai. Tentu hal ini harus belajar dengan masternya, kalau saya cenderung menggunakan napas perut karena ini merupakan napas alami, coba saja lihat orang tidur pasti menggunakan napas perut, kucing, kelinci dan hewan lainnya coba amati.

Kemudian juga cobalah terikan dengan pernpasan dada pasti cepat cape, tapi cobalah dengan napas perut Anda akan mempunyai suara yang luar biasa dan dengan energi yang irit. Untuk olahraga lari atau sebagainya dapat juga menggunakan napas perut.

No comments:

Post a Comment