Monday, 21 March 2016

Pelatihan otomotif sepeda motor dasar BLK Kudus hari Pertama

Hari ini adalah pertemuan pertama Pelatihan BLK otomotif sepeda motor dasar di LPK Nissan Fortuna Kudus, walaupun demikian ternyata jumlah peserta yang masuk tidak sesuai dengan jumlah peserta yang dialokasikan yaitu dari 16 peserta yang datang hanya 8 orang saja.

Masing-masing dari kami para peserta berasal dari berbagai latar belakang, ada yang pengangguran, ada yang freelance, ada juga yang memang kesehariannya di bengkel namun ingin manambah ilmu dalam perbengkelan karena dulu dia belajar secara otodidak yaitu ikut di bengkel bos nya.

Dari jadwal yang direncanakan harusnya pelatihan dimulai pukul 07.00 dan selesai pukul 11.00 WIB, namun kemaren sempat dikoordinasikan karena mengingat masing-masing dari peserta rumahnya berbeda-beda ada yang dari jekulo, dawe bahkan japan, ada yang dari Gebog, Mejobo sehingga untuk mengantisipasi hal tersebut masuknya dibuat lebih siang yaitu pukul 07.30, namun lagi-lagi tadi Pak Instrukturnya ngomong bahwa besok pelatihan dimulai pukul 08.00 namun selesai tetap pukul 11.00.

Walaupun durasi pelatihan berkurang satu jam tapi itu tidak membuat ilmu yang diberikan berkurang karena yang disingkat hanya masalah teori, sehingga dalam prakteknya nanti kemungkinan sambil praktek juga sambil teori.

Nah hari ini hari pertama kami tidak melakukan praktek, tapi diberikan teori dulu, kami diterangkan tentang apa itu sistem kerja motor 4 stroke dan 2 stroke, namun untuk hari ini baru yang lebih dalam dibahas adalah sistem kerja mesin 4 stroke.

Nah setelah diterangkan dengan berbagai teori, baik dengan tulisan di papan tulis ataupun dengan projector maka saatnya kami ditunjukkan dengan mesin yang aslinya, dan ada beberapa peserta yang ditunjuk untuk membongkar mesin motor dengan merk KTM, ada dua peserta yang memang sudah lebih ahli dari kami dan maju kedepan untuk membongkar mesin motor yang masih utuh.

Dalam membongkar mesin motor kami belum diterangkan secara detail bagaimana membongkar mesin motor yang benar karena tentu ada cara-cara yang direkomendasikan dan tidak asal congkel, walaupun demikian hanya dengan melihat rekan kami yang maju kedepan sudah dapat memberikan sedikit pengalaman dalam membongkar mesin motor.

Setelah mesin motor terbongkar dan terpisah menjadi bagian-bagian maka kami diterangkan oleh Bapak Instruktur tentang bagian-bagian mesin motor, seperti piston, stang seker, rantai kamrat, spull, magnet, silinder head, bureng, dll. Dalam hal ini tentu karena baru pertama melihat dan ada juga yang baru pertama mendengar nama komponen tersebut sehingga masih belum dapat menghapal semua nama-nama komponen tersebut. Tapi itu tak masalah mungkin nanti kalau sudah terbiasa lama-lama akan mengenal dengan sendirinya.

Untuk hari ini di hari pertama, sementara hanya sampai menyaksikan cara membongkar mesin motor dulu. Dan dilanjutkan besok untuk cara merangkai mesin motor kembali. Demikian informasi ini semoga bermanfaat untuk rekan-rekan yang ingin mengikuti pelatihan otomotif sepeda motor dasar BLK Kudus

No comments:

Post a Comment