Tuesday, 22 March 2016

Pelatihan otomotif sepeda motor dasar BLK Kudus hari Kedua

Melanjutkan pelatihan kursus otomotif sepeda motor dasar yang diselenggarakan oleh BLK Kudus dan ditempatkan di LPK Nissan Fortuna Kudus, pada pelatihan kursus otomotif sepeda motor dasar hari pertama kami peserta latihan sudah memperhatikan bagaimana cara membongkar mesin motor. Dan di hari kedua ini saatnya kami melihat bagaimana cara merakit kembali mesin motor tersebut.

Dalam merakit mesin sepeda motor tentu tidak dapat secara sembaragan karena ada bagian-bagian tertentu yang harus dipasang dengan urutan tertentu, selain itu juga ada posisi dari beberapa komponen yang cara memasangnya harus secara bersamaan seperti gear primer dan gear secunder yang digunakan untuk pemindah gigi kopling.


merakit mesin sepeda motor KTM
merakit mesin sepeda motor

Walaupun sekali lagi kami belum hapal caranya karena hanya melihat saja dan belum praktek secara langsung tapi sudah dapat memberi gambaran bagaimana cara merakit kembali mesin sepeda motor, dan nantinya kalaupun benar-benar praktek sendiri sudah dapat melakukannya dengan tanpa kekhawatiran dan mengingat letak posisi dari elemen  mesin sepeda motor atau dapat mencari di internet ataupun juga dapat bertanya kembali pada instruktur jika dibutuhkan.

Nah di pelatihan hari kedua ini juga kami mendapat peralatan untuk pendukung pelatihan ini seperti tas, kaos, pulpen, modul pelatihan otomotif sepeda motor, dan juga tadi kami di photo yang katanya untuk dibuatkan asuransi. Namun saya tidak bertanya lebih lanjut mengenai asuransi tersebut, dan jenis asuransinya, yang penting mengikuti pelatihan dan mendapatkan ilmu.

mesin motor untuk praktek

Masih hanya itu yang kami dapat di pelatihan hari kedua ini, sambil tadi menyiapkan motor yang akan digunakan untuk praktek besok yaitu bagaimana melakukan tune up pada bagian karburator, dan menyetelnya supaya dapat langsam atau stasioner serta dapat dipakai tidak mbrebet.

No comments:

Post a Comment