Saturday, 26 March 2016

Sadar situasi & Kondisi terhadap perubahan lingkungan

Hari ini saya mendapat ilmu yang tidak saya dapatkan di pendidikan formal sebelumnya, secara tidak sengaja dan tentu hal ini diperlukan kesadaran tanpa mengedapankan ego, dan mengosongkan semua pikiran yang menghalangi ilmu baru yang akan masuk ke dalam diri kita.

Bahwa seperti biasa saya suka bertanya, kebiasaan ini memang sering saya lakukan, apalagi terhadap sesuatu yang mengundang penasaran dan tanya di kepala, apapun itu.

Ketika saya bertanya kepada instruktur di pelatihan, instrukturnya terlihat kesal, dan sesekali mengabaikan pertanyaan yang saya berikan. Saya kurang menyadari hal itu dan terus bertanya hal-hal yang terkait, namun ternyata pertanyaan saya terlalu jauh, sehingga membuat materi menjadi tidak fokus dan tidak diharapkan oleh instruktur.

Selain itu saya juga sempat bertanya diluar materi karena ada hal yang menarik perhatiaan saya diluar tempat pelatihan, namun dengan cepat saya mulai sadar bahwa ada yang salah dengan apa yang saya lakukan, ternyata sikap saya tersebut tidak sesuai pada tempatnya.

Jadi untuk bertanya juga harus tau kapan waktu yang tepat agar tidak mengganggu kegiatan yang sudah direncanakan, juga selain itu jika terjadi konflik diantara kita sebaiknya ada salah satu yang mengalah untuk menghindari semakin bergejolaknya api kemarahan.

Terlepas dari mana yang benar dan mana yang salah itu belakangan yang terpenting tidak terjadi keretakan hubungan diantara sesama, karena kebenaran pasti akan terbukti secara sendirinya.

Sehingga kesimpulannya setiap tindakan dan perbuatan harus selalu dilandasi dengan kesadaran yang utuh agar tetap sensitif terhadap perubahan di lingkungan sekitar.

Demikian, Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment