Wednesday, 16 March 2016

Tidak dapat login facebook terdeteksi malwere

Hari ini seperti biasa, facebook adalah merupakah aplikasi yang penting, untuk  melihat status teman-teman dan sebagainya, pokoknya penting gak penting sering buka buka facebook walupun hanya sekedar buka terus tutup kembali.

Nah pagi ini ada  yang mengagetkan karena tidak dapat login facebook dan berkali-kali mendapat respon bahwa komputer terindikasi terjangkit semacam malware jadi mungkin dapat membahayakan data-data yang dikirimkan dari komputer saya ke lainnya atau pun sebaliknya.

Setiap login selalu diarahkan ke halaman https://www.facebook.com/checkpoint/?next

Kemudian saya mencoba login dengan akun lain yang saya punya pun sama selalu diarahkan ke alamat tersebut dan di layar terdapat peringatan yang bunyinya.

==============================================================
Your Computer Needs to Be Cleaned

It looks like your computer is being affected by malware. We’ll help you fix the problem to keep your account secure and prevent malware from spreading to friends.


Malware is software that tries to steal personal information and causes problems when you use Facebook. Clicking or sharing links that contain spam can give your computer malware.

==================

Kemudian berkali-kali saya coba untuk login namun saja selalu di arahkan ke alamat tersebut. Saya pikir akun saya sudah terkena semacam malware sehingga mungkin melakukan aktifitas yang tidak saya ketahui,

Langsung saja saya browsing tentang warning tersebut dan menemukan ribuan orang yang mendapati pop up seperti tersebut, dan ada yang mengatakan juga dan ada yang menduga sinis juga bahwa ini adalah akal-akalan mark zukenberggg. atau siapa namanya susah disebutin , bahwa intinya untuk mentertibkan pengguna facebook yang bandel.

Kemudian saya juga mencoba ada solusi bahwa disuruh mengclear cache saya coba juga namun masih mendapat warning yang sama,  kemudian saya clear menggunakan ccleaner juga dan nampaknya ada perubahan, sekarang peringatannya menjadi,

===============================================
Please Verify Your Identity
We’re working hard to make sure that everyone on Facebook uses their real identity.
Facebook does not allow accounts that:

        Pretend to be someone else
        Use a fake name
        Don't represent a real person

In order to regain access to your account, please complete the following security check to verify your identity and help keep Facebook secure.
===========================================================
Dan kira-kira disuruh untuk mengupload KTP, SIM, atau identitas lainnya, tentu saya juga tidak mau , karena bisa saja data seperti itu disalahgunakan oleh pihak-pihak tertentu, lagian juga kalau diblokir masih bisa membuat akun baru.

Kemudian juga muncul peringatan lagi
========================
Please Complete a Security Check
Use a phone to verify your account
The phone number you use can only verify one account. Once you enter your number, you'll receive a code that you can enter on Facebook to verify your account.
Your phone number will be added to your Timeline. You'll be able to choose who you share it with. To learn more about how information on your Timeline is used, visit our privacy policy.

===========================================
Yang intinya di suruh memverifikasi menggunakan nomor telephone, saya juga tidak mau karena takutnya ntar di miskol miskol, khan bisa mengganggu juga.

Terus juga dengan browser mozilla di suruh download antivirus dari F-secure.com atau apa gitu, terus coba menggunakan browser chrome juga di suruh download antivirus dari eset.com ini merupakan halamah yang dimunculkan oleh facebook, saya juga tidak tahu apa kepentingan dibalik  ini semua. Namun banyak komentar juga yang menyatakan bahwa ini tidak perlu dilakukan karena ketika nanti menginstal berbagai macam program yang ditawarkan facebook ini maka aktifitas kita di facebook menjadi terbatasi dan tentu tidak enak khan,  lagi main game aplikasi tiba-tiba muncul peringatan, dll. mungkin saja juga bisa menambah group juga dibatasi jumlahnya, entahlah.

Dengan berbagai cara pokoknya apa saja, mengingat bahwa terakhir kali saya update antivirus adalah tahun 2014 itupun menggunakan avira yang gratisan, karena saya pikir komputer saya aman-aman saja.

Dan lantas karena di chrome ada tulisan apa gitu, pokoknya tidak sengaja saya menekan Ctrl+shift+N, muncul browser chrome namun dengan tampilan awal yang berbeda, kemudian saya mencoba login dari situ, dan taraaaa. berhasil login, kemudian langsung saja saya menuju setting-->applicationn-> buru-buru saya turn off untuk addons.

2 comments:

  1. Sebagai tambahan, kalau ada yang menjumpai hal demikian, coba clear cookie saja, kalau beruntung pasti bisa login lagi.

    ReplyDelete
  2. O iya, tambahan juga, karena setiap saya posting dengan link website saya di facebook, dan ternyata mendapat blokir juga, akhirnya saya kirim semacam klaim ke facebook, dan masalahnya clear.

    Oleh sebab itu jangan sungkan kontak ke pihak facebook jika terjadi masalah dengan akun Anda

    ReplyDelete