Thursday, 7 April 2016

Brand yang tersangkut masalah

Branding itu ada berbagai macam, diantaranya adalah individual branding, manufacture branding, dan lainnya. individual branding contohnya iwan fals, michael jackson. Manufacture branding contohnya indofood, Garuda, dll.

Branding di dalam sebuah perusahaan ini penting sekali untuk membentuk sebuah image, kalau orang menyebutkan branding tersebut apa yang terbayang? Misal saat kita membicarakan indofood maka yang ada diotak kita adalah enak, ketika kita bicara apple brand maka yang ada di otak kita adalah mewah dan berkelas. Nah dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa pentingnya membentuk gambaran sebuah branding.

Namun adakalanya sebuah brand tersangkut sebuah masalah, misal ada seorang oknum pimpinan (CEO, Directur, dl) yang tersangkut masalah korupsi atau tindakan lainnya yang bermakna negatif, maka otomatif brand tempat oknum tersebut bekerja juga akan terkena dampaknya.

Maka untuk mengantisipasi hal tersebut biasanya sebuah perusahaan akan memberikan atau melakukan inovasi-inovasi atau tindakan untuk menjaga agar brand yang sudah dibangun tidak menjadi rusak misalnya dengan melakukan tindakan tegas pada oknum tersebut seperti memberikan hukuman atau pemberhentian kerja.

Sebuah kesalahan yang dilakukan oknum tidak menjadi masalah selama itu tidak terjadi secara terus menerus, karena ada kebiasaan yang menjadi culture atau membudidaya di suatu perusahaan tertentu misalnya korupsi, sehingga ketika orang menyebutkan brand tersebut malah yang ada di otak mereka adalah korupsi.

Oleh sebab itulah diperlukan sebuah team khusus yang menangani tentang branding, dan memang team ini diberikan training-training serta tugas untuk membentuk sebuah brand sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Jadi kita harus berhati-hati dalam masalah brand ini karena akan mempengaruhi keseluruhan dari keberlangsungan perusahaan yang bersangkutan.

Demikian, semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment