Friday, 22 April 2016

Hal dasar penting yang harus diketahui dalam SEO

Mesin pencarian seperti Google menjadi hal yang utama saat ini, dan kita berharap akan mendapatkan hasil pencarian sesuai  dengan apa yang kita inginkan dalam waktu singkat kurang dari 1 detik.

Mesin pencari semakin penting karena memudahkan orang-orang melakukan pencarian hanya dalam beberapa detik padahal 20 tahun yang lalu jika seseorang ingin melakukan pencarian informasi misalnya mengenai detail perjalanan liburan maka mereka harus pergi ke perpustakaan atau menggunakan print out katalog.

Para pencari informasi bebas memakai mesin pencari untuk menemukan informasi yang dicari, sehingga memberikan tantangan untuk mesin pencari lebih mengembangkan terhadap hasil pencarian yang relevan, cepat, dan memberikan pengalaman yang lebih fresh.

Sebagai hasilnya, mesin pencari tidak main-main menginfestasikan waktu, energi serta biaya untuk mengembangkan hasil pencarian agar lebih relevan. Hal ini meliputi :
•    Mempelajari bagaimana respon pengguna terhadap hasil pencariannya.
•    Membandingkan hasil pencariannya terhadap mesin pencari yang lain
•    Membangun PR dan Kampanye pemasaran

Lalu darimana mesin pencari mendapatkan penghasilan? Mesin pencari mendapatkan penghasilan dari pembayaran iklan, yang sebagian besar penghasilan datang dari model pay-per-click (atau cost-per-click).  Yang mana pengiklan hanya membayar jika ada pengguna mesin pencari yang mengklik pada iklannya.

Oleh sebab itu, mesin pencari yang sukses tergantung pada sejauh mana relevansi hasil pencarian yang dihasilkan. Memanipulasi ranking mesin pencari sehingga menghasilkan hasil pencarian yang non-relevan (umumnya disebut sebagai spam) akan ditindak secara serius. Setiap mesin pencari memperkerjakan team yang terdiri dari orang-orang yang hanya fokus pada menemukan dan membuang spam dari hasil pencariannya (umumnya disebut sebagai team "web spam").

Ini penting untuk seorang SEO profesional, karena mereka perlu berhati-hati dalam mengerjakan taktik yang mereka gunakan agar tidak dianggap spam  oleh mesin pencari, yang akan membawa dampak terkena pinalti untuk website yang mereka kerjakan.

Sebagai tambahan, banyak mesin pencari di dunia, dan Google adalah yang paling dominan di banyak negara Eropa salah satunya adalah United States. Namun ada beberapa negara yang Google adalah bukan yang dominan misalnya di China mereka lebih menyukai menggunakan Baidu. Meskipun demikian, di sebagian besar pasar dunia kita lebih fokus dan menitikberatkan pada Google sebagai strategy yang cerdas untuk SEO.

No comments:

Post a Comment