Sunday, 17 April 2016

Pendapatan AdSense menurun dari tahun ke tahun, apa sebabnya?

Menurut beberapa sumber yang saya dapatkan saat ini telah ada sekitar 2 juta Publisher AdSense (dan lebih dari 10 juta website dan blog yang terpasang AdSense). Sehingga memungkinkan kompetisi semakin ketat dan hal ini juga yang menyebabkan pendapatan AdSense menjadi drop selama kurun waktu 5 sampai 10 tahun ke belakang.

Hal ini terjadi karena masyarakat online semakin melihat peluang bisnis online AdSense sehingga menjadikan AdSense sebagai trend "bisnis", Padahal ada banyak peluang bisnis lainnya selain di bisnis AdSense baik secara online maupun offline.

Selain itu beberapa kawan juga menduga karena AdSense berbasis sistem penawaran dan telah kita ketahui bahwa saat ini jumlah Pemain AdSense malampaui jumlah Pengiklan sehingga bisa jadi iklan yang ditawarkan menjadi lebih murah.

Pendapatan AdSense yang menurun juga lumrah terjadi di akhir dan awal tahun yaitu bulan Desember - Januari, karena banyak pengiklan/advertisers yang membelanjakan uangnya untuk berlibur. Namun ada juga beberapa advertisers yang masih membelanjakan uangnya untuk memasang iklan seperti jasa tour dan sejenisnya.

Juga semakin banyaknya media beriklan mempengaruhi iklan yang masuk di Google, dalam hal ini semakin kuatnya platform sosial media yang juga dapat digunakan untuk media beriklan, jadi sebenarnya bisinis online seperti AdSense ini memang tidak stabil sehingga saya sarangkan untuk tidak terlalu menggantungkan hidup dari penghasilan AdSense. Walaupun kadangkala penghasilan AdSense bisa menjadi lebih banyak pada saat-saat tertentu.

Demikian, banyak hal yang terlibat dalam menurunnya pendapatan AdSense dari tahun ke tahun tapi Google sendiri selektif dalam hal ini dan sangat objektif sehingga tentu situs-situs yang melakukan junk dan spam pasti tidak akan bertahan lama daripada situs yang mempunyai konten berkualitas.

No comments:

Post a Comment